“Big Data” Dan Perannya Bagi Industri 4.0

0
59

Pada penghujung tahun 2019 ini Bina Nusantara English Club (BNEC) kembali mengadakan seminar “Big Data Science” dengan tema “Big Data in Industry 4.0 With Aisensum”. Seminar Big Data Science merupakan salah satu even seminar yang diadakan oleh BNEC yang mengangkat tema “Window to Your Future” melihat pekerjaan manusia semakin terancam oleh artificial intelligence (AI) yang dinilai lebih efektif dan murah dibanding tenaga manusia.

Topik yang dibawakan merupakan beberapa topik dari informasi teknologi yang saat ini sedang sangat dikembangkan dan diminati masyarakat. Dengan mengenal dan menguasai teknologi dan informasi, kita dapat memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu kompetitor dalam persaingan global.

Penyelenggaraan seminar tersebut tidak hanya mengenalkan big data dan AI (artificial intelligence) kepada Binusian dan masyarakat wilayah Kemanggisan, namun juga meningkatkan kesadaran Binusian dan masyarakat tentang kemajuan artificial intelligence. Seminar itu berlangsung pada Sabtu (14/12/2019) di Universitas Bina Nusantara, Kampus Syahdan Jakarta Barat.

Seminar dibawakan oleh dua narasumber, yaitu Vivek Thomas, Founder and Global Director of Aisensum, dan Kevin Filmawan dari Data Science. Mereka merupakan sosok yang sudah berpengalaman dalam dunia teknologi dan informasi.

Keduanya membahas dari sejarah hingga pentinganya big data dan artificial intelligence dalam era digital saat ini, mengingat di era globalisasi ini, teknologi dan informasi mempunyai peranan sangat penting dan vital, dalam dunia pendidikan maupun kerja. Acara dimulai dengan paparan Vivek Thomas mengenai AI, dilanjutkan oleh Kevin Filmawan yang berfokus pada bagaimana data diproses dan dianalisis.

Sebagian besar peserta yang datang merupakan mahasiswa Universitas Binus. Tidak hanya berasal dari faculty of computer science, namun juga dari beberapa fakultas lainnya seperti bidang teknik, komunikasi, dan akuntasi.

“Jujur, seminar ini bagus banget. Pembawaan dari narasumbernya mudah dimengerti. Materinya memang menarik juga walaupun saya tidak mengerti akan data science. Setidaknya seminar ini membuka mata saya akan apa itu AI dan peran penting yang dimilikinya pada era globalisasi ini,” ujar Gumilang Sakinah, salah seorang peserta seminar Big Data Science.

Acara tersebut memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendalami dunia teknologi dan informasi. Tidak hanya itu, peserta juga bisa bertanya dan berpendapat tentang pandangan mereka terhadap AI dengan narasumber.

Hadirnya seminar Big Data Science ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama Binusian dan masyarakat wilayah Kemanggisan, tentang pentingnya AI dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Lianna Leticia, mahasiswi Jurusan Mass Communication, Binus University, Jakarta