Tofest 2019 Menembus Sebelas Ribu Penonton

0
964

Thirty One Festival adalah acara penutupan dari serangkaian acara “cup” yang diadakan selama satu bulan pada bulan Oktober 2019. Mengusung tema “Carnival Spirit” : Take Your Chance and Rock Your World on The Ferris Wheel Ride 
merupakan Tofest ke-lima sejak tahun 2015. Tofest kali ini menghadirkan penampilan dari lima artis populer beserta penampilan ekstrakulikuler SMA Negeri 31 Jakarta dan beberapa band seperti The Smurl, Muda Mudi, One Hour Band, dan Band Tepat Waktu.

Tofest yang dipandu oleh MC Akbarry Noor yang terkenal dikalangan pensi anak SMA ini sukses menggiring acara dari awal hingga akhir dengan penuh semangat. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan, pembagian hadiah pemenang, penampilan berbagai ekstrakulikuler dan acara puncak dimulai setelah ishoma pada pukul 19.00.

Sal Priadi, penulis lagu serta penyanyi kelahiran tahun 1992 mengawali penampilan. Suara halus khas Sal ditemani angin malam yang menggelitik membuat Tofest kali ini makin serius dengan lagu “Amin Paling Serius” dan beberapa lagu lainnya yang tidak kalah serius.

Sal Priadi. Tofest 2019. Foto : Andra Fajar

Usai penampilan Sal yang membuat Tofest dibanjiri air mata, kini penonton diajak berkeliling kota dengan vespa lewat lagu “Piknik 72”  yang dibawakan oleh band Naif. Dinginnya malam tidak terasa karena keceriaan penonton yang menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Belum lagi lagu “7 Bidadari” yang membuat para penonton wanita tersipu malu mendengarnya.

Penampilan selanjutnya tidak kalah menarik, karena grup musik asal Bandung yang ada sejak tahun 1986 ini mempunyai penggemar lintas generasi. Anak remaja zaman sekarang pun tidak kalah heboh jika grup musik ini tampil. Yap! mereka adalah Kahitna.

Mario Ginanjar (Kahitna) mengajak salah satu menonton menyanyi bersama. Tofest 2019. Foto : Safina Amalia.

Grup musik yang sudah lama berdiri ini ternyata banyak yang menantikan kehadirannya. Bisa dipahami karena penampilan mereka selalu disertai interaksi hangat dengan para penonton. Aku sih nungguin banget lagu “Cantik”, karena aku cantik ha ha ha,” ujar
Eudearly (17).
Lagu “Cantik” sukses mengakhiri penampilan Kahitna dengan sangat cantik. Penampilan selanjutnya, penyanyi Glenn Fredly, dengan lagu melow khas Glenn banget yang membuat malam semakin terasa hangat dengan bernyanyi bersama teman-teman.

Sekitar 11.000 penonton penuhi Lapangan Parkir Stadion Akuatik Senayan, 14 Desember 2019. Foto : Andra Fajar.

Yaps! penampilan yang sangat ditunggu-tunggu!! Diskoria Selekta.
bagaimana tidak, Diskoria membuat anak remaja semakin melestarikan lagu-lagu Indonesia yang tidak kalah enak jika dibuat versi diskonya he he he. Tidak kalah heboh, tidak kalah ramai dengan disko lagu barat, disko lagu Indonesia juga asikkk lho! Diskoria Selekta sukses menutup Tofest 2019.

Eits, Tofest 2019 pun tidak akan sekece ini kalau tidak ada kerja keras panitia dibalik layar. Pepatah yang dipegang teguh oleh para panitia adalah “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”.

“Harapan aku untuk next tofest semoga bisa lebih baik dari tahun ini. Semoga dengan adanya Tofest, nama 31 (maksudnya SMAN 31 Jakarta) makin terdengar oleh semua orang. Kesalahan dan kekurangan yang ada bisa menjadi evaluasi untuk kedepannya sukses terus Tofest!,” harap Queenara (17), salah satu panitia Tofest 2019.

Sampai bertemu di Tofest selanjutnya, Sobat Muda!

Imelda Putri Simangunsong, siswi SMAN 31 Jakarta, Magangers Kompas Muda Batch XI, Harian Kompas Muda.