Karya dalam Prihal

0
306

Halo Sobat Muda! Apakah kalian kenal dengan arsitek bernama Isandra Matin Ahmad? Isandra Matin Ahmad atau lebih dikenal dengan nama Andra Matin merupakan seorang arsitektur kontemporer ternama asal Indonesia yang telah puluhan tahun berkarier dalam industri desain dan pendiri studio arsitektur, andramatin yang beroperasi sejak 1998. 

Pada kesempatan kali ini, Andra Matin menggelar pameran yang bertajuk “PRIHAL” sebagai wadah dua dekade seorang Andra Matin dalam merintis kariernya sebagai seorang arsitek. Prihal merupakan sebuah pameran yang mencoba menampilkan sebagian dari yang “tidak tersentuh” dan “tidak terlihat” oleh khalayak saat berada di dalam studio Andra Matin, seperti makna dibalik desain, budaya di kantor, hingga hubungan dengan klien. Sebuah karya yang terlihat menawan tentunya tidak hanya dibentuk oleh gagasan dan ide saja, tapi juga terlahir dari tradisi dan budaya kerja yang ada dalam studio. 

Suasana lorong disalah satu ruangan pameran event Prihal, pada Jumat (6/12/2019) di Galeri Nasional Jakarta, Foto Anggrei Wini Triska.

Beragam karya yang telah diciptakan oleh tangan ajaib Andra Matin dipajang dalam bingkai dan rangkaian maket dengan suasana yang begitu mempesona. Pameran Prihal digelar di Galeri Nasional, pada 27 November hingga 11 Desember 2019. Selain itu, dalam pameran kali ini Andra Matin menonjolkan beberapa “perihal” sebagai ilustrasi proyek yang telah ia kerjakan di Indonesia. Mulai dari “Prihal Jakarta”, “Prihal Kota-Kota Lainnya”, “Prihal Bentuk”, “Prihal Material”, “Prihal Yang Berulang”, hingga “Prihal Sehari-hari”. Andra matin tidak sendirian dalam menggelar pameran kali ini, ia berkolaborasi dengan studio grafis ternama untuk mengupas setiap karya yang ditampilkan. Tepat di salah satu sudut ruangan galeri nasional, banyak sekali pujian dan harapan yang tertuang pada lembaran sticky note yang ditulis oleh para pengunjung yang datang, dimana salah satunya adalah ungkapan doa dan dukungan agar para arsitek Tanah Air bisa semakin maju.

Miniatur Monumen Nasional (Monas) DKI Jakarta yang dipamerkan pada event Prihal, Jumat (6/12/19) di Galeri Nasional Jakarta. Foto Anggrei Wini Triska.

Dengan terselenggaranya pameran Prihal, diharapkan masyarakat yang datang berkunjung tidak hanya berkesempatan untuk mengapresiasi karya dari perjalanan karier Andra Matin, tapi juga dapat memahami berbagai pesan tersirat yang ada di setiap karyanya. Diharapkan juga karya-karya tersebut dapat terus dikenang dan menjadi acuan bagi generasi muda dimasa mendatang dalam memaknai sebuah seni arsitektur dari seorang Andra Matin.

Anggrei Wini Triska, Mahasiswi Jurusan Marketing Communication, Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Esa Unggul, yang sedang magang di Brand Marketing Communication Harian Kompas