Mari Berwisata Kuliner di Semarang, Jawa Tengah

0
50

Semarang, ibukota provinsi Jawa Tengah adalah kota yang penuh dengan akulturasi budaya. Banyak bangunan bersejarah yang sarat kenangan. Sebut saja Lawang Sewu (Pintu Seribu dalam bahasa Jawa). Namun tidak hanya bangunan saja, Semarang juga dikenang dengan kulinernya yang khas.

Ini dia beberapa makanan khas kota Semarang.

Asem – asem daging

 Asem – asem Koh Liem
Bagi Anda penyuka daging, jenis makanan patut dicoba. Dengan daging yang empuk dan kuah rasa pedas dan segar cocok dilidah masyarakat Indonesia. Jangan khawatir, ini masakan yang halal.

Tenang saja buat kalian yang tidak suka menu ini saja, banyak ragam menu lainnya seperti pepes, sop ayam, hingga sate. Masakan itu bisa ditemui di jalan Karang Anyar 28/C-4, Genuk Ruko Baru, Semarang.

Nasi Pindang Gajah Mada

Nasi pindang
Dari namanya, Anda langsung membayangkan ikan bukan? Namun nasi pindang ini adalah nasi kuah daging sapi. Disajikan dengan daun pisang dan lepek (piring kecil), menjadi ciri khas dari nasi pindang.

Tambahkan dengan kerupuk rambak (kerupuk kulit sapi) rasanya pasti lebih mantab. Anda juga bisa menambahkan jeroan seperti otak dan paru sebagai menu tambahan.
Lokasi makanan di jalan Gajahmada 98B, Semarang.

Tahu gimbal pak h edy

Tahu Gimbal “Pak H. Edy”
Dari namanya saja kita sudah merasa unik. Tahu gimbal ini adalah masakan tahu dicampur dengan telur, dengan bumbu kacang dan petis (pasta udang). Tahu gimbal ini banyak tersebar di daerah Simpang Lima, jadi Anda tidak usah khawatir kehabisan. Jangan lupa untuk makan es campurnya yang nikmat. Lokasi ini buka saat malam hari di jalan Taman Menteri Soepeno, Semarang

Mie legendaris Semarang

Mie Titee Grajen
Ini adalah mie legenda kota semarang. Rasanya agak sedikit manis dan bawang putihnya sangat menggoda, namun makanan ini tergolong non-halal. Mie kuning kenyal dengan kuah yang sedikit manis menyajikan rasa yang lain dari yang lain. Satu porsi lumayan besar dan sangat mengenyangkan. Kalian bisa mencarinya di jalan MT Haryono 311 Semarang.

Semarang khususnya Jawa Tengah memiliki kuliner yang khas dengan rasa yang sedikit manis. Namun rasa yang disajikan tidak kalah dengan masakan – masakan Indonesia di wilayah lain.

Apakah Anda memiliki rekomendasi wisata kuliner lain? Jangan lupa tinggalkan di kolom komentar.

 

Crisientia Pranata Raharja, mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya