Intim Bersama Frau di Gigs Stage Sychronize Festival 2019

0
150

Leilani Hermiasih atau yang lebih dikenal dengan nama pangung Frau tampil untuk pertama kali di Synchronize Festival 2019, di hari kedua, Sabtu (5/10/2019). Penampilan perdananya ini mendapatkan antusiasme yang begitu besar, terlihat dari antrian panjang yang berada diluar gigs stage sejak satu jam sebelum penampilan nya dimulai.

Menariknya, panggung gigs stage ini berbeda dari stage lain yang ada di Synchronize Festival, jika stage lain bernuansa outdoor, gigs stage merupakan panggung indoor yang terbilang cukup kecil. Karena keterbatasan inilah tidak semua penonton dapat masuk ke dalam ruangan.

Antusiasme penggemar Frau yang rela menonton dari luar ruangan (Foto : Mario Nathaniel Liandar)

Penampilan pertama dibuka dengan lagu “I’m Sir” yang merupakan salah satu track dari album pertama nya Starlit Carousel. Setelah tiga lagu ditampilkan frau memberikan kesempatan bagi para penonton untuk request lagu yang mereka ingin dengarkan.

Lagu “Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa” menjadi yang paling banyak diminta para penggemar.  Frau berujar, bahwa lagu ini nantinya akan dimainkan. Kemudian terpilihlah “Empat Satu” untuk dilantunkan oleh Frau.

Salah satu yang menarik ialah Frau juga membawakan salah satu lagu gubahan yang diciptakan oleh Koesalah Soebagyo Toer yang merupakan adik dari Pramoedya Ananta Toer, saat mendekam di penjara Salemba. Nyanyian Frau dan alunan pianonya yang diberi nama Oscar berhasil membuat penonton ikut larut.

Frau juga mengajak para penggemar untuk bernyanyi bersama (Foto: Mario Nathaniel Liandar)

Ruangan gigs yang cukup kecil memberikan kesan lebih intim dan hangat antara Frau dan penonton. Interaksi cukup menarik juga didapatkan ketika Frau membawakan lagu “The Butcher”.

Lirik “The Butcher” sendiri terdiri dari dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Indonesia, Frau menyanyikan bagian berbahasa inggris dan penonton menyanyikan bagian berbahasa Indonesia. Sebelum menyanyikan Frau terlebih dahulu mengajari sebagian penggalan lirik lagu.

“Kalian nanti nyanyi yang bahasa Indonesia ya , kita belajar liriknya dulu,” ujar Frau sambil tersenyum. Penampilan selama kurang lebih satu jam ini diakhiri dengan lagu dengan permintaan terbanyak sekaligus lagu andalan dari Frau yakni “Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa”.

Di akhir penampilannya Frau juga mengajak penonton didalam ruangan maupun yang tidak dapat masuk ke dalam ruangan untuk dapat menyaksikan penampilan nya pada hari Senin, 7 Oktober 2019 di M Bloc Space.

Fotografer : Mario Nathaniel Liandar, Siswa SMA Kanisius Jakarta, Magangers Kompas Muda Batch XI 

Penulis : Aidia Awwaaba, Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Volunter Kompas Muda