Membudayakan Belajar Matematika Itu Asyik

0
207

Matematika mempunyai peran yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Contoh nyata dalam hal transaksi jual-beli yang sering kali dilakukan setiap orang, pasti menggunakan konsep berhitung yang ada dalam matematika. Pembelajaran matematika, secara tidak langsung dapat melatih seseorang untuk selalu berfikir rasional dan lebih menggunakan logika.

Matematika juga mempunyai peran penting dalam bidang teknologi dan ilmu sains. Namun, kebanyakan para pelajar sebagian besar merasa malas dan takut untuk memperdalam ilmu matematika.

Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena pelajar telah berfikir bahwa matematika itu rumit karena selalu berhubungan dengan angka, rumus, bangun dan perhitungan. Pelajar mempelajari matematika hanyalah sebagai tuntutan pelajaran.

Mereka enggan mempelajari ilmu matematika lebih lanjut lagi. Tim KKN PPM Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyadari bahwa harus diadakan metode yang menyenangkan dalam pembelajaran matematika agar pelajar tidak berfikir bahwa matematika itu sebagai pelajaran yang menyeramkan.

Tim KKN PPM UGM mengadakan tambahan pelajaran matematika di SD Negeri Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah guna membudayakan belajar matematika itu menyenangkan. Tim KKN PPM UGM secara rutin mengadakan tambahan pelajaran matematika setiap dua kali seminggu.

Para siswa SDN Jatimalang nampak antusias akan adanya tambahan pelajaran matematika. Tambahan pelajaran dilakukan untuk kelas 4, 5 dan 6, disesuaikan dengan kemampuan dan materi yang sesuai.

Tim KKN PPM UGM memberikan metode menghitung cepat yang menyenangkan dan mudah dipelajari, seperti tabel perkalian, jarimatika serta pembahasan kasus sehari-hari yang menggunakan matematika. Kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian di kelas 4, 5 dan 6.

Untuk pembelajaran kelas 6 Tim KKN PPM UGM lebih menfokuskan agar siswa-siswi menjadi lebih semangat dan tidak takut untuk mengerjakan soal-soal ujian nasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Penyerahan hadiah kepada juara lomba matematika tingkat SD

Setelah pembelajaran metematika secara rutin, Tim KKN PPM UGM membuat lomba matematika agar siswa siswi SDN Jatimalang lebih tertarik lagi dalam mata pelajaran matematika. Lomba matematika dilaksanakan pada tanggal Juli 2019 lalu di SDN Jatimalang.

Peserta yang mengikuti lomba matematika merupakan siswa siswi kelas 4 dan 5. Lomba matematika terdiri dari dua babak, babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan dengan cara setiap siswa harus mengerjakan soal lomba matematika yang berjumlah 20 soal pilihan ganda selama satu jam.

Setelah babak penyisihan Tim KKN PPM UGM melakukan penilaian dan menentukan siswa yang akan mengikuti babak final. Siswa yang mengikuti babak final merupakan lima siswa kelas 4 yang memiliki nilai terbaik dan lima siswa kelas 5 yang memiliki nilai terbaik. Babak final diikuti oleh 10 siswa, dan seluruh siswa peserta lomba mengerjakan 10 soal isian singkat selama 45 menit.

Hanin Nyssa Mifta Amany