Tanamkan Budaya Bebas Sampah Dari Sekarang

0
13

Budaya mengurangi sampah seharusnya memang dilakukan mulai dari diri sendiri, budaya mengurangi sampah yang susah untuk terurai, atau bahkan minimal bijak dalam menempatkan sampah pada tempat yang tersedia. Di Indonesia, sampah merupakan salah satu masalah besar karena jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Kesadaran untuk membuang sampah nampaknya juga masih menjadi dilema di masyarakat.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah, seperti kegiatan yang diadakan oleh yang Jakarta Clean Up Day bersama produsen air kemasan Aqua beberapa waktu lalu. Kegiatan ini merupakan acara tahunan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah sampah di Jakarta.

Organisasi Indorelawan di Kawasan CFD Bundaran HI pada Minggu, 25 Agustus 2019 mengajak ratusan lebih relawan untuk plogging atau kegiatan joging sambil mengumpulkan sampah dengan peralatan yang telah disiapkan yakni sarung tangan, karung sampah yang telah di kelompokkan berdasarkan jenisnya. Nanti, sampah-sampah yang telah di kelompokkan, akan digunakan untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Menjadi relawan dalam kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata kita sebagai masyarakat untuk sadar akan bijak dalam menangani masalah sampah. Bersama ratusan relawan lain yang juga berkontribusi untuk Jakarta yang lebih bersih, bebas dari sampah.

bersama para relawan Jakarta Clean Up Day

Salsabila Intan, salah satu peserta yang mendaftar menjadi relawan di acara itu mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, ia dapat memberi contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan terutama dalam penggunaan plastik.

“Menurut saya, kegiatan itu bagus banget karena bisa memberikan contoh kepada masyarakat sekitar karena disamping membersihkan area sekitaran CFD, kita juga bisa memberikan contoh langsung kepada masyarakat dalam pentingnya menjaga lingkungan, khususnya dalam menggunakan plastik. Saya berharap kegiatan ini bakal terus di adain. Apalagi sambil olahraga juga kan” ujarnya.

Bijak dalam menangani masalah sampah adalah tugas seluruh masyarakat di Indonesia. Diharapkan dengan adanya aksi nyata ini membuat masyarakat lain juga turut ikut dalam menjaga lingkungan bersama kedepannya. Tentunya dalam mewujudkan negara Indonesia bebas dari masalah sampah.

Ananda Amelia