Menikmati Kemeriahan Soundsfest 2019

0
98

Festival musik Soundsfest pada tahun ini kembali berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (24-25/8/19) sampe dengan Minggu (25/8/19), di Summarecon Mall Bekasi. Ini adalah tahun ketiga Soundsfest diadakan di Bekasi, sebelumnya berlangsung tahun  2016 dan 2018. Menyambut musik festival terbesar di Bekasi, para pengunjung tak kalah heboh. Mereka mengenakan pakaian terbaik mereka hingga ada banyak penonton yang rela datang jauh dari luar Bekasi.

Tahun ini Soundsfest mengangkat tema colorfull sehingga bisa masuk ke semua kalangan. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, terlihat dengan adanya 22 musisi dari beragam genre yang akan meramaikan acara ini seperti Raisa, Ardhito Pramono, Danilla, Feast, Efek Rumah Kaca, Bara Suara, dan Rizky Febian. Selama dua hari, penonton dipuaskan dengan penampilan idolanya.

Soundsfest hadir sebagai musik festival terbesar pertama yang pernah di gelar di Bekasi. Bagi para penikmat musik terkhusus yang berada di Bekasi merasa ini menjadi sebuah terobosan baru yang sangat di tunggu-tunggu oleh mereka.

“Kenapa Bekasi? Karena pertama kami ingin menjadi festival musik paling besar di Jawa Barat. Kami ingin memberikan masyarakat Bekasi semacam hiburan, karena orang-orang Bekasi tuh pada suka musik banget tapi justru enggak ada entertainment yang bisa memuaskan masukan mereka. Jadi itulah kenapa pilihan kita jatuh kepada Bekasi,” ujar Sifandrea Cho (23), Marketing Communication Soundsfest 2019.

Para penampil sebagian besar adalah bintang masa kini yang banyak diminati para penggemar musik. Kini, Soundsfest telah menambahkan beberapa line up musisi yang berbeda dari sebelumnya.

Sifandrea mengungkapkan, ragam corak musik yang tersaji selama dua hari di Soundsfest ini dipilih karena ingin merangkul teman-teman yang menyukai musik untuk datang ke Soundsfest dari rentang usia yang bisa masuk kesemua khalayak tanpa mengelompokannya berdasarkan genre. Soundsfest kali hadir dengan berbagai genre. Di sela-sela alunan lagu pop rock, mengalun lagu-lagu genre lainnya dalam beragam bentuk.

Penampilan Tulus di perhelatan Soundsfest yang berlangsung di Bekasi, akhir pekan lalu. Foto: Bima Ismail

Tahun ini, Soundsfest kembali mendatangkan Sheila On 7, Tulus, Fourtwnty, Sisitipsi dalam line up, ditambah dengan beberapa musisi tambahan dari tahun sebelumnya. Sifandrea mengaku adanya kemiripan line up dari yang sebelumnya karena melihat dari peminatan publik untuk Tulus dan SheilaOn7 itu sangat amat tinggi jauh dibanding artis-artis lainnya. Tak dipungkiri berkat penampilan mereka yang sangat bagus, membuat pihak Soundsfest merasa disayangkan untuk tidak menampilkan mereka kembali.

Begitu pula yang dirasakan oleh Suci Ramadhani (23) & Dio Saputro (33) yang rela datang jauh ke Bekasi dari Ciracas, Jakarta Timur. Keinginan mereka untuk menonton Sheila On 7 dan Glenn Fredly telah membawa mereka sampai Bekasi. Mereka juga mengaku lebih memilih datang ke Bekasi dibandingkan jauh-jauh ke tempat lain yang dimana di Soundsfest ini juga terdapat musisi lainnya yang bisa di lihat.

“Suci kepengen banget nonton Sheila On 7, kalau saya sih ngefans banget sama Glenn Fredly dan kebetulan malam ini kan ada jadi pas banget,” ujar Dio.

Sama hal yang turut di rasakan Thalitha Maulidina Zakiyah (16) siswi SMAN 15 Bekasi dan Lela Puji Lestari (20) mahasiswi Muhammadiyah Purworejo di Jogjakarta, keseruan yang mereka rasakan telah mengalahkan kepadetan suasana disana. Mereka merasa ini menjadi sebuah momen hiburan yang pas untuk bisa melepaskan penat. “Seru banget terus ramenya kerasa banget, dan selagi nonton musik itu kayak enggak stress lagi,” ujar Lela. “Sama sih, anak SMA IPA kan pusing banget pasti kan, terus kalo dateng ke sini seru-seruan dan loncat-loncat bareng jadi seru banget,” ujar Dina.

Penampilan Raisa di Soundsfest 2019. Foto: Bima Ismail

Festival milenial

Selain line up yang mengundang peminat penonton, konsep dari festival ini sendiri sangat di sukai oleh para penonton. Mulai dari adanya kios-kios yang menjual kuliner makanan dan minuman, pakaian, booth foto, area bermain, sampai dengan tempat khusus untuk beristirahat yang dinamakan chill area. Dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang terus dikembangkan.

“Untuk di tahun 2019 ini, ada yang kita bikin baru dan biasnaya ini beberapa diantarnya sudah ada di tahun lalu, di tahun ini kita lebih luaskan. Misalnya area bermain itu kita lebih banyak dari pada tahun lalu, terus juga untuk makanan dan minumankita juga kita bikin sampai dua tempat,” ujar Sifandrea.

Di mata anak-anak muda, Soundsfest mempunyai konsep yang sangat menarik sekali membuat festival ini menjadi sangat cocok untuk anak muda. “Kalau buat saya ini suatu acara yang menarik banget buat anak-anak muda apalagi yang berumur 20 karena itu kan menjadi ajang tempat ngumpul nongkrong,” ujar Dio.

Sejumlah penonton memberikan respon positif dan mengapresiasi keseruan musik festival ini yang berhasil memberikan kejuatan-kejutan baru untuk para penonton. Untuk tahun kedepannya, Sifandrea selaku Marketing Communication Soundsfest 2019 mengatakan sudah memiliki bayangan untuk kedepannya.

“Udah ada bayangan pastinya, cuman untuk apakah tahun depan apa tahun depannya lagi itu yang mungkin masih menjadi pertanyaan. Cuman untuk acara selanjutnya itu kita pasti bakal bikin sesuatu yang beda lagi, jadi pengunjung juga ga bosen lagi. Untuk tempatnya mungkin masih di Bekasi, tetapi ga menutup kemungkinan di luar Bekasi juga,” ujarnya.

 

Penulis:

Pingkan Kaligis, Fakultas Humaniora, Jurusan Hubungan Internasional, Bina Nusantara University, sedang magang di Kompas Muda.