Mahasiswa KKN-PPM UGM Ajarkan Hidup Sehat

0
112

“Mens sana in corpore sano” yang berarti “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kutipan itu yang menjadi semangat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Berangkat dari semboyan itu, akhir Juli lalu mahasiswa UGM bersama pihak Migran Care mengajarkan hidup sehat kepada warga Pesanggaran. Acara penyuluhan diadakan di Balai Desa Sumbermulyo. Hidup sehat mulai dari pembuatan produk, makanan, hingga pemeriksaan kesehatan.

Dari pembuatan produk, peserta diajarkan untuk membuat produk sehat sendiri, yakni body butter yang dipandu oleh Dinan Hamidah dan Risa Nur Fitria. Sementara dari sisi makanan, mahasiswa KKN UGM mengajarkan pentingnya makan makanan sehat berserat agar terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyuluhan tentang konsumsi makan sehat disampaikan Reynanda Mahashinta, Lugas Prasetyo, dan Alya Adhiati dalam Gerakan Makan Makanan Sehat Berserat (GEMMASS). Tak hanya mengajarkan materi, mereka juga membagikan jagung sebagai bukti nyata dan bibit cabai sebagai aksi lanjutannya.

Selain GEMMASS, mahasiswa UGM juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis yang terdiri dari pemeriksaan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), gula darah, asam urat, dan kolesterol. Pemeriksaan itu dilanjutkan aksi edukasi mengenai hasil dari pemeriksaan tadi. Edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa klaster medika.

Edukasi itu menyadarkan peserta tentang pentingnya hidup sehat. Dari awal sampai akhir seluruh peserta sangat antusias, mau mencoba membuat body butter, senang saat diberi bibit cabai, hingga aktif berdiskusi saat diedukasi hasil pemeriksaannya. “Senang, mbak, kegiatannya sangat bermanfaat, kami orang desa jadi paham soal hidup sehat”, ungkap salah seorang peserta.

Pratika Dewi