Serukan Kesetaraan dan Keberagaman Indonesia di Jambore Sahabat Anak

0
144

Bertemakan “Kita Sama, Kita Indonesia”, sebanyak 800 anak marginal yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Karawang, hingga Danau Toba, hadir di acara tahunan Jambore Sahabat Anak (JSA) yang telah diselenggarakan untuk ke-22 kali pada 20-21 Juli 2019 yang lalu di Bumi Perkemahan Ragunan dan diselenggarakan oleh Yayasan Sahabat Anak.

“Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh berkembang dan berpartisipasi serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, tanpa memandang suku, agama, ras, keadaan ekonomi serta kondisi fisik dan mental anak tersebut. Sahabat Anak ingin mengajarkan indahnya keberagaman dan menciptakan persahabatan kepada anak-anak. Bagi orang dewasa, diharapkan tema ini menjadi kampanye untuk melakukan praktik non-diskriminasi dalam segala aspek kehidupan, baik formal maupun non-formal,” kata Dian Novita Elfrida selaku Ketua Yayasan Sahabat Anak.

Secara konsisten Yayasan Sahabat Anak memperjuangkan terpenuhinya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, khususnya anak-anak marginal sejak 1997. Lembaga perlindungan anak berbasis volunter ini, juga turut menggaungkan kampanye: Stop beri uang, jadilah sahabat untuk anak jalanan.

Selama JSA 2019, para peserta diberi kesempatan untuk bermain dan mengekspresikan diri mereka melalui kegiatan seperti: permainan-permainan yang mengasah kerja tim, kegiatan yang meningkatkan kepekaan terhadap teman yang berkebutuhan khusus, senam pagi, menghias tenda untuk melatih kreativitas, serta panggung pertunjukan.

Sebelumnya, untuk meningkatkan kesadaran akan keberagaman, Sahabat Anak mengadakan kegiatan Walking Tour Rumah Ibadah pada akhir Maret dan awal April 2019. Sebanyak 400 orang anak dari peserta Jambore Sahabat Anak berkesempatan untuk mengenal lebih jauh keberagaman agama dan lokasi rumah-rumah ibadah ternama di Jakarta yaitu Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Kuil Hare Krishna, Klenteng Sin Tek Bio dan GPIB Pniel.

Ikuti lebih lanjut mengenai Jambore Sahabat Anak pada tautan ini