Tim KKN-PPM UGM Kenalkan Satwa Asli Indonesia melalui Generasi Muda Mengenal Satwa

0
201

Tim Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di Desa Sukaurip dan Sukareja, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu telah melaksanakan program “Generasi Muda Mengenal Satwa” pada Selasa (9/7/2019) lalu.

Program itu merupakan salah satu program kerja dari Kluster Agro yang terdiri dari mahasiswa jurusan peternakan (Alvina Martha Tilova), kedokteran hewan (Tiara Rahma dan Riandanu Dharmawan), teknologi industri pertanian (Pratiwi Junaedi, Alfio Fiwa Semara, dan M. Farhan Sumali) dan sosial ekonomi pertanian (Nawang Grezanda).

Tujuan dari program kerja itu untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak Desa Sukaurip dan Sukareja mengenai satwa asli Indonesia. Pelaksanaan program ini sengaja dilakukan sebelum waktu masuk sekolah untuk mengisi hari libur anak-anak.

“Generasi Muda Mengenal Satwa” dimulai pada pagi hari di Mushola At-Taqwa, Sukaurip dan mengundang anak-anak sekitar mushola. Kemudian, kegiatan dilanjutkan siang di halaman Balai Desa Sukareja dengan mengundang anak-anak desa tersebut. Antusiasme anak-anak terhadap kegiatan ini sangatlah tinggi. Bahkan, beberapa anak Sukaurip yang telah mengikuti kegiatan di pagi hari kembali ikut serta dalam kegiatan ini pada siang harinya.

Menjelaskan berbagai macam satwa asli Indonesia melalui poster. Foto : Riandanu Dharmawan, (Kedokteran Hewan, 2016)

Anak-anak yang mengikuti program “Generasi Muda Mengenal Satwa” mayoritas siswa TK dan SD. Oleh karena itu, materi yang diberikan harus disampaikan dengan bahasa yang sederhana serta diselingi permainan dan pembagian undian berhadiah.

Acara dibuka dengan pemanasan yang menyenangkan yaitu “Tari Ayam Bertelur”. Anak-anak mengikuti tarian yang dicontohkan dengan semangat.

Selanjutnya, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggota enam hingga tujuh anak, didampingi  dua mahasiswa KKN agar anak-anak lebih memahami materi yang disampaikan. Materi meliputi morfologi, jenis makanan dan habitat satwa-satwa asli Indonesia. Penyampaian materi disertai dengan alat pendukung berupa poster gambar-gambar hewan sehingga lebih menarik.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing kelompok. Setiap kelompok menampilkan nyanyian anak-anak bertema hewan. Beberapa lagu yang dinyanyikan antara lain Kodok Ngorek, Cicak-Cicak di Dinding dan Burung Kakak Tua. Kelompok yang paling bersemangat menyanyikan lagu berhak mendapat undian berhadiah dari mahasiswa KKN. Selain untuk meramaikan suasana, penampilan menyanyi ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap lagu anak-anak.

Di akhir kegiatan, mahasiswa KKN memberikan pertanyaan seputar materi satwa asli Indonesia. Anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar berhak mendapat hadiah. Sebelum menutup acara, masing-masing anak mendapatkan poster dan berfoto bersama. Harapannya, setelah kegiatan ini anak-anak Desa Sukaurip dan Sukareja lebih mengenal satwa asli Indonesia serta dapat melestarikannya.

Foto bersama. Foto : Haris Hananto Susilo (Ilmu Komunikasi, 2016)

Teks : Nawang Grezanda, mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Angkatan tahun 2016, Pratiwi Junaedi (Teknologi Industri Pertanian, 2016), Alvina Martha Tilova (Peternakan, 2016) dan Tiara Rahma (Kedokteran Hewan, 2016)