Gunung Kendil yang Wajib Dikunjungi

63
2155

Temanggung bersenyum, kata-kata itu tidak asing kan? Itulah semboyan kota Temanggung.  Temanggung terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Gunung Kendil. Gunung Kendil merupakan wisata alam yang sebenarnya bukit yang menyamar, namun lebih dikenal dengan sebutan Gunung Kendil.

Gunung tersebut terletak di perbatasan Temanggung dan Wonosobo. Tepatnya di desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Kendil ini berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Buthak.

Estimasi waktu dari basecamp menuju Gunung Kendil tergolong cepat karena hanya memerlukan waktu 45 menit untuk sampai ke puncaknya, tergantung kecepatan berjalan. Sebelum melakukan pendakian alangkah baiknya membawa persediaan air yang cukup, selain itu persediaan logistik juga perlu diperhatikan.

Ketika mendaki di pagi hari atau siang hari di setiap perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang asri di kawasan pegunungan itu, seperti tanaman sayuran, kebun kentang, sawah dan tanaman lainnya. Sepanjang perjalanan kita juga bisa merasakan terasa betapa segar udara khas pegunungan beserta kabut tipis yang menyelimuti. Namun tak jarang pula ada yang melakukan pendakian saat malam hari. Nah kalian bisa melihat gemerlap lampu-lampu kota yang indah dari ketinggian gunung.

Ilustrasi foto : Billaah

Gunung Kendil ini memiliki ketinggian 1.800 meter di bawah permukaan laut, namun jalur untuk menuju puncaknya terbilang sulit dan menguras tenaga. Meskipun begitu, setiap usaha pasti tidak akan mengkhianati hasil. Ya, ketika sudah sampai di atas pastinya akan dibuat kagum dan rasa lelah seketika akan terbayarkan dengan pemandangan yang tak kalah indah dengan gunung tinggi seperti Gunung Merbabu.

Dari Gunung Kendil ini akan tampak jelas pemandangan Gunung Sindoro, untuk Gunung Sumbing hanya terlihat sedikit karena tertutup oleh Gunung Sindoro. Selain itu juga akan terlihat deretan gunung yang ada di Jawa Tengah seperti Gunung Slamet, Merbabu, Merapi dan masih banyak lagi.

Bagi pendaki yang ingin menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, Gunung Kendil bisa menjadi pertimbangan untuk dikunjungi khususnya bagi pendaki maupun wisatawan pecinta alam. Di area Gunung Kendil ini bisa untuk berkemah mendirikan tenda maupun hanya sekedar untuk melakukan pendakian tektok bagi para pendaki.

Sensasi panorama alam yang menakjubkan ketika sunrise dan pesona keindahan yang tak ada duanya. Pemandangan hijau di Gunung Buthak dan Gunung Sindoro tentu akan memanjakan mata apalagi jika ditambah gradasi biru langit beserta bercak awan putih yang melengkapi keindahan di Gunung Kendil tersebut, wah indah sekali. Sungguh menarik.  Maka dari itu, tidak ada salahnya Gunung Kendil menjadi sebagai salah satu obyek wisata gunung yang patut untuk dikunjungi.

Nur Billaah E