Pendengar Yang Baik?

0
36

Salah satu penyebab orang bunuh diri yaitu karena mereka tidak mempunyai tempat untuk bercerita baik dari keluarga, teman dan sebagainya tentang apapun masalah yang sedang mereka hadapi. Ketika mereka tidak mendapatkan tempat, rangkul dan terimalah mereka untuk berkeluh kesah kapadamu.

Dan jika kita tidak dapat menasehati, setidaknya dengarkan mereka untuk bercerita walaupun menjadi pendengar yang baik bukanlah sebuah hal yang mudah karena kita harus mendegar dia berkeluh kesah selama berjam-jam bahkan lebih dari sehari jika itu sangat berat.

Tuhan memberikan kita  anugerah dua telinga dan satu mulut agar kita lebih banyak mendengar bukan berbicara, terus mencoba menjadi pendengar yang baik karena mereka membutuhkan orang dan tempat bercerita seperti kita dan teruslah membuka diri agar mereka mempunyai niat berbagi kepada kita, pancing agar mereka tidak memendam itu sendiri

Jangan pernah menolak untuk bertemu teman lama yang sudah sangat jarang bahkan mungkin saja tidak pernah bertemu kita lagi, karena ada masanya mereka kembali kepadamu hanya untuk bercerita. Walaupun kadang-kadang banyak yang datang  hanya pada saat mereka membutuhkanmu, terimalah mereka dan kembali dengarkan apapun keluh-kesah mereka karena mereka membutuhkanmu.

Kadang-kadang juga ada fase dimana kita benar-benar jatuh dan hal itu mungkin tidak kita sadari, melainkan hanya orang-orang terdekat kita yang menyadari hal itu. Ketika kalian sudah menjadi pendengar yang baik, kalian juga harus bisa untuk membuka diri menjadi pembicara yang baik, kalian perlu juga membicarakan apa masalah kalian, terlalu banyak mendengar masalah juga tida baik, maka dari itu juga bukalah diri untuk bercerita dan carilah orang yang tepat menurutmu.

Caesar Faiz Mulyawan