Andien dan Glenn Fredly: Bermusik untuk Sampaikan Pesan Sosial

0
137

Musik sekaligus kegiatan sosial sangat erat kaitannya dalam dunia musisi tanah air. Menjadi seorang musisi Indonesia serta melakukan kegiatan sosial tentu tidaklah mudah. Didukung dengan keberagaman suku, budaya, ras dan agama, menjadikan seorang musisi tanah memiliki tantangan lebih untuk bisa terjun dalam kehidupan sosial melalui puluhan lagu yang ia ciptakan dan lantunkan. Dua hal yang berbeda itu membuat mereka bisa melakukannya dengan didukung berbagai karya-karya yang dihasilkannya.

Soulcial Fest yang merupakan sebuah acara yang baru saja digelar Sabtu (6/07/2019) di Ballroom Kuningan City, Jakarta Selatan kemarin, memiliki tujuan menjadikan wadah berbagi cerita serta inspirasi mengenai Islam yang berlandaskan cinta kasih dan toleransi turut serta menghadirkan dua penyanyi tanah air ternama, Andien Aisyah dan Glenn Fredly. Melalui acara tersebut, penyanyi yang sudah memiliki jam terbang tinggi mengatakan antusias sekali bisa hadir dan tampil dalam acara ini.

Menyatukan Musik dan Kegiatan Sosial

Ditemui pada Sabtu (6/07/2019) Andien, salah satu penyanyi wanita Indonesia yang sudah terjun dalam dunia musik selama kurang lebih 19 tahun mengatakan, “Tentu bisa dong, walaupun musik dan sosial merupakan dua hal yang berbeda, tapi dengan karya yang kita hasilkan, kita bisa melakukan kegiatan sosial yang secara sudah fitrah kita sebagai manusia”.

Andien juga mengatakan melalui lirik lagu, seorang musisi bisa menyampaikan pesan sosial. Andien juga mengatakan bahwa dalam dunia musik banyak sekali ruang untuk melakukan berbagai kegiatan sosial, tidak hanya melalui lirik lagu yang diciptakan, berbagai hal-hal menarik yang dilakukan seorang musisipun seperti masuk dalam kegiatan sosial itu juga bisa dikatakan sebagai bentuk kegiatan sosial.

Musik untuk Misi Baik

Hal serupa juga disampaikan musisi Indonesia berdarah Ambon, Glenn Fredly. Ditemui dalam kesempatan yang sama, Glenn menyampaikan jika musik itu tidak bersifat eksklusif melainkan inklusif, sehingga siapa pun bisa menggunakan musik untuk hal yang baik.

”Spiritnya musik memang menjadi bahasa universal, yang mampu menjadikan musik itu bersifat inklusif, jadi siapa pun bisa menjadikan musik untuk misi yang baik,” jelas Glenn. Sifat musik yang terbuka dan siapa pun bisa menggunakan musik sendiri untuk misi yang baik menjadikan musik sendiri sangat mudah dijadikan sebagai salah satu wadah untuk menunjang kegiatan sosial.

Tak terlepas dalam aksi kegiatan sosial menurut mereka, dua musisi kebanggaan Indonesia ini juga menitipkan pesan untuk anak muda Indonesia yang ingin terjun dalam dunia musik tanah air. “Kreatif dan jadi diri sendiri,” begitu ujar Andien untuk anak muda Indonesia. Glenn juga turut berpesan, “Melihat masa depan, haruslah belajar dari masa lalu”.

Teks: Martha Chrisma, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi,  Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Foto: Aditya Dwi Fudmanto