Milenial yang Sadar Lingkungan

0
94

Sekitar 500 mahasiswa dari Yogyakarta dan sekitarnya, Rabu (26/6/2019) mengikuti kegiatan Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) di kawasan Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Acara tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) untuk mengajak para kaum melenial untuk menjadi Darling Squad yang sadar akan lingkungan yang harus dijaga dan dilestarikan melalui hal-hal sederhana. Tindakan itu seperti meggunakan tumbler, tidak menggunakan plastik sekali pakai, membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, dan lain sebagainya.

Saat kegiatan ini berlangsung, peserta diharapkan tidak menggunakan botol atau bungkus sekali pakai selama kegiatan berlangsung. Tak hanya itu, peserta juga melakukan penanaman 250 pohon dan 5000 semak berbunga di Kawasan Candi Prambanan yang nanti bisa menambah kesejukan dan kenyamanan bagi pengunjung di kawasan candi.

Setelah menanam pohon, peserta juga mengikuti temu wicara dengan narasumber Youtuber Andovi Da Lopez, rapper Igor Saykoji dan juga pihak dari Candi Prambanan yang dipandu oleh Tommy Tjokro. Narasumber berbagi pengalamannya akan kepedulian lingkungan seperti Igor yang berkarya melalui lagunya yang berjudul “Plastik” yang menceritakan bagaimana interaksinya bersama anaknya saat membeli makanan kemasan plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Penampilan Saykoji sebagai penutup kegiatan Candi Darling.
Foto: Muhammad Irfan Habibi

Selain itu peserta juga bisa berswafoto saat melakukan kegiatan Candi Darling ini dengan latar candi-candi yang ada di kawasan Candi Prambanan dan juga saling berbagi pengalaman tentang kepedulian lingkungan.

Kegiatan Candi Darling rencananya tidak hanya berhenti di Kawasan Candi Prambanan saja. Menurut panitia penyelenggara ada rencana kegiatan senada bakal diadakan juga di candi lainnya khususnya di Pulau Jawa.

Muhammad Irfan Habibi, Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo.