Tiga Aksi Sosial yang Menyenangkan Hati

0
249

Suasana pulang di SMA Pangudi Luhur II Servasius Bekasi, Jumat (3/5/2019) agak berbeda. Tampak kesibukan siswa-siswi menyiapkan kegiatan donor darah, bakti sosial dan bazar murah yang akan diadakan esok hari. Mereka semua bersemangat dan antusias bekerja sama membersihkan ruangan, menyiapkan meja pendaftaran untuk aksi donor darah, bakti sosial dan bazar serta pembagian sembako bagi warga.

Aksi donor darah dan kegiatan sosial lain yang berlangsung pada Sabtu (4/5/2019) merupakan kegiatan pembukaan dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Lustrum ke IV SMA Pangudi Luhur II Servasius. Masyarakat terlihat antusias melakukan aksi donor darah. Diantara pendonor datang dari kalangan anak muda, termasuk siswa SMA Pangudi Luhur II Servatius, para orang tua siswa, alumni serta warga yang tinggal di sekitar sekolah.

Menurut panitia Lustrum IV sekolah itu, Evy Hartiningsih, donor darah di SMA Pangudi Luhur II Servatius baru pertama kali diadakan. Tujuan kegiatan donor darah untuk mengajak siswa-siswi SMA Pangudi Luhur II Servatius berbela rasa mendonorkan darahnya untuk kegiatan kemanusiaan karena setetes darah berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa berlangsung dari tahun ke tahun karena ini merupakan kegiatan yang luar biasa manfaatnya untuk kaum milenial dalam berbagi dan berbela rasa terhadap sesama yang berkekurangan. Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI cabang Bekasi.

Menurut Ni Luh Sinayangsih, koordinator kegiatan donor darah, meskipun kegiatan donor darah ini pertama kali diadakan namun acara berlangsung sukses. Hal ini dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar 115 peserta, artinya melebihi target yang diminta PMI sejumlah 75 peserta.


Nah, selain aksi donor darah, ada juga kegiatan bakti sosial juga, teman – teman. Dalam bakti sosial ini, para siswa ikut terlibat. Bentuknya berupa pembagian sembako yang telah dipersiapkan oleh siswa-siswi kelas X,XI dan XII. Ada 180 bingkisan sembako yang terdiri dari beras, gula pasir, teh, kental manis, mie telor, dan minyak goreng. Bakti sosial dilaksanakan untuk meningkatkan rasa kepedulian para siswa-siswi kepada yang berkekurangan, karena di era ini kadang-kadang banyak yang kurang peduli terhadap sesama. Kegiatan itu untuk membantu masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar sekolah itu.

Bruder Yosep Anton Utmiyadi, Kepala SMA Pangudi Luhur II Servasius menyerahkan bingkisan sembako ke warga. Foto : dokumentasi SMA Pangudi Luhur II Servatius

Bersamaan dengan donor darah dan bakti sosial, diadakan juga bazar murah. Bazar ini menjual pakaian, sepatu, boneka, buku dan alat tulis, yang merupakan hasil sumbangan siswa-siswi. Kondisi barang masih layak pakai. Banyak anak-anak hingga orang tua yang berkunjung dan membelinya.

Harga barang yang ditawarkan sekitar Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per barang. Harganya sesuai kantong, bukan? Siswa-siswi dengan penuh semangat melayani pengunjung yang ingin membeli barang-barang di bazar. Koordinator bazar murah, Valentine Kusmawati Sabajan mengatakan, kegiatan bazar ini terbilang sukses, terlihat banyaknya barang yang terjual.

Besarnya dukungan dan peran serta para guru dan karyawan SMA Pangudi luhur II  memberi arti bagi kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut. Melihat serangkaian pembukaan kegiatan lustrum ini, banyak warga sekitar sekolah senang. Begitu pula dengan seluruh siswa-siswa karena mereka dapat berperan aktif dan berbagi kepada warga di sekitar sekolahnya. Selamat kepada SMA Pangudi Luhur II Servatius atas aksi donor darah, bakti sosialdan bazar yang berlangsung dengan sukses.


See you next event  Lustrum – IV SMA Pangudi Luhur II Servatius.

Penulis : Maria Chriselita Hartanti, siswi SMA Pangudi Luhur II Servatius 

Fotografer : Gregorius Aldi Bagaskoro