Anak-Anak Spesial Juga Ingin Wisuda

0
70

Akhir April 2019 lalu, sebanyak 11 siswa Sekolah Luar Biasa Bina Karya Insani Karanganyar, Jawa Tengah mengikuti acara wisuda dan pelepasan siswa yang sudah sukses dalam pendidikannya. Acara dihadiri oleh seluruh wali siswa dan siswa SLB Bina Karya Insani, serta para tamu undangan.

Sejumlah 11 wisudawan hari itu adalah siswa-siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Luar Biasa yang telah menempuh ujian sekolah. Mereka semua memiliki kekhususan tuna grahita ringan maupun sedang.

Tema pelepasan pada tahun ini adalah King & Queen. Tema tersebut mempunyai makna bahwa setiap individu dapat menjadi raja atau ratu yang mampu memimpin diri sendiri dan kelompok.

Pentas Seni SLB Bina Karya Insani Karanganyar

Selain pelepasan para wisudawan, acara tersebut juga diisi dengan pentas seni dan pameran produk hasil karya siswa SLB Bina Karya Insani. Dalam pentas seni tersebut, para siswa unjuk kemampuan dalam menari, bernyanyi, tilawah, dan pantomim. Sedangkan untuk pameran, produk-produk yang dipamerkan berupa kain batik tulis, sarung bantal, tas, bros, dan baju.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh siswa dapat memperoleh pengalaman yang sama seperti siswa di sekolah inklusi atau reguler pada umumnya. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para siswa dan sosialisasi tentang pentingnya trilogi pendidikan. Dimana peran keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan siswa baik sikap maupun akademis.

Prosesi Wisuda SLB Bina Karya Insani Karanganyar

Penulis : Sundari

Foto: Aghni Gofarun Aulia