KARTINI ERA MODERN

0
179

21 April 2019 yang lalu, telah kita lewati peringatan hari lahir  salah satu pejuang perempuan yang mewarnai sejarah bangsa Indonesia. Dialah Raden Ajeng Kartini yang biasa dipanggil Kartini. Mengingat pada masanya, Kartini lah yang berjuang membuat derajat kaum perempuan setara dengan kaum laki-laki.

Walaupun kartini berasal dari golongan keluarga yang terhormat dan terpelajar, tetap tidak menyurutkan niatnya yang luhur untuk memperbaiki nasib perempuan pribumi yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan hal ini sangat mengambat kemajuan perempuan pada saat itu. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, Kartini mampu mengubah kaumnya dari belenggu diskriminasi.

Hasil perjuangan Kartini sangat dirasakan sampai sekarang, dapat dilihat kaum perempuan Indonesia, kini dapat disejajarkan dengan kaum laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi, maupun sosial.  Semangat yang dimiliki Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita, di era modern  sekarang ini, tertanam di setiap relung hati perempuan Indonesia. Hal ini membuat perempuan Indonesia zaman sekarang atau sebut saja Kartini masa kini, memiliki prestasi yang tidak bisa dihitung lagi dalam berbagai bidang. Baik bidang politik, ekonomi, teknologi maupun sosial.

Dalam bidang politik dapat dilihat dari ada perempuan Indonesia yang menjadi orang penting di negeri ini. Contohnya Sri Mulyani yang menjadi Menteri Keuangan RI dan Susi Pudjiastuti yang menjadi Menteri Kelautan.

Dalam bidang ekonomi, banyak perempuan masa kini yang jenjang pendidikannya tinggi dan memiliki pekerjaan yang setara atau bahkan melebihi laki-laki, bukan hanya sebagai ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, perempuan masa kini selain menjadi ibu rumah tangga yang harus merawat anak, juga bertanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya agar dapat berguna bagi bangsa, negara, dan agama serta menjadi Ibu Bangsa.

Dari berbagai dampak positif yang ada, sudah seharusnya kita menjadi Kartini di era modern ini dan bisa mencapai berbagai prestasi yang membanggakan, meneruskan semangat yang ada dalam diri seorang Kartini. Semangat yang dimiliki Kartini harus kita tularkan kepada kaum-kaum muda, jangan sampai mereka tidak tahu sejarah perjuangan perempuan yang sangat membanggakan.

Jadilah cerdas

Sebagai perempuan di era modern tentu kita harus paham soal teknologi terutama yang berkaitan dengan kegiatan kita sehari-hari. Namun, jangan sampai teknologi canggih dan pergaulan zaman sekarang membuat kita dengan mudah terpengaruh berita-berita hoaks yang mudah tersebar, dapat membawa kita ke jalan yang salah.

Sebagai perempuan generasi milenial, kita harus bisa bersikap cerdas, kita harus bisa memilah mana yang tidak pantas dilakukan dan mana yang bisa membawa kita maju sebagai kaum perempuan. Semangat untuk bisa membantu dan berbuat baik untuk orang lain, semangat untuk bisa berprestasi di berbagai bidang dalam kehidupan, serta semangat sebagai ibu rumah tangga yang bisa mendidik anak-anaknya menjadi ibu bangsa di era modern.

Yuk, jangan pernah menyerah, jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang, karena kamu selangkah lagi menang.

Mari terus bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi dan wujudkan mimpimu.

Divana Zahra, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.