Aksi Mahasiswa UP Peringati Hari Bumi di Sungai Ciliwung

0
172
Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasila (UP) Jakarta punya cara selebrasi sendiri untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan memperingati Hari Bumi. Mereka melakukan kegiatan “Mesin Pancasila Caring and Teaching” ke Dermaga Sungai Ciliwung, Jln. Boulevard Grand Depok City dan Pancoran Mas, Depok.
Ketua pelaksana kegiatan, Fikhi Syahnur Ramadhan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila yang merupakan wujud implementasi dari tri dharma perguruan tinggi tentang pengabdian masyarakat.
Fikhi menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang sebelumnya kami lakukan yakni pengajaran gambar teknik, pengajaran software, dan pengenalan mesin 3D Printing di SMK 3 Perguruan Cikini Jakarta. Aksi berlanjut di dermaga Sungai Ciliwung.
Mahasiswa Universitas Pancasila sedang membersihkan sampah sungai Ciliwung. Foto: Dwi Angga Rilianto
Banyak kegiatan yang dilakukan teman-teman, diantaranya aksi bersih-bersih bantaran sungai Ciliwung, pembuatan ecobrick, pembuatan komposter, penanaman bibit pohon bambu, dan pemasangan tiang lampu penerangan jalan.
“Semua kegiatan tersebut kami lakukan sebagai bentuk dari keprihatinan kami terhadap sampah-sampah di bantaran sungai. Juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem sungai Ciliwung”, jelasnya.
Dalam aksi bersih-bersih bantaran sungai Ciliwung, para mahasiswa mesin Universitas Pancasila dibantu relawan dari Komunitas Ciliwung Depok berhasil mengangkut sampah yang dari bantaran sungai Ciliwung seberat 250 kilogram. Sampah yang berhasil diangkut, tidak dibiarkan begitu saja, melainkan dimanfaatkan menjadi ecobrick. Memanfaatkan botol plastik air kemasan, sampah-sampah anorganik dimasukkan kedalam botol plastik air kemasan tersebut untuk dijadikan beberapa buah bangku.
Fikhi menambahkan, mahasiswa mesin Universitas Pancasila juga menanam beberapa bibit pohon tanaman bambu di sekitar bantaran sungai Ciliwung dan membuat komposter untuk sampah-sampah organik yang ada di bantaran sungai Ciliwung untuk diolah menjadi pupuk kompos.
“Mahasiswa mesin juga berinisiatif membuat tiang lampu penerangan jalan akses menuju dermaga Ciliwung Depok dan pemasangan lampu untuk memantau aliran sungai Ciliwung,” tutup Fikhi.

Dwi Angga Rilianto, mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Pancasila.