“The Overtunes” Bicara Soal Pemuda dan “Passion”

0
252

Sobat Muda yang belum menemukan passionnya dalam bidang apa, ada sedikit penjelasan nih dari Kak Mikha Angelo dan Reuben Nathaniel! Eh, sudah merasa tidak asing ya dengan nama-nama itu?

Tentu saja, dugaanmu benar, mereka adalah The Overtunes! Band yang beranggotakan tiga kakak-beradik ini datang ke acara Pentas Seni Smavo In Action 4.0: Pixelantasy pada Kamis (11/4/2019) lalu. Dan, kami pun mendapat kesempatan untuk mewawancarai mereka.

Banyak hal yang dibicarakan, selain passion kami juga membicarakan soal anak muda zaman sekarang dan harapan mereka, hingga soal Pemilu 17 April kemarin.

Soal “Passion”

Kalau kata kak Mikha, passion itu ketika kita melakukan suatu hal yang tanpa disuruh dan secara egois kita melakukan itu karena memang kita suka dan mengembangkan diri kita. “Ketika ada hambatan atau apa pun, kalau tahu itu passion kita, kita tidak akan berhenti,” lanjut kak Mikha.

Ia menambahkan, kadang-kadang tidak semua orang bisa menemukan passion mereka di usia muda. Tidak semua orang mesti tahu setelah lulus SMA mau ke mana, karena menurut dia kesuksesan tidak selalu dari passion. “Tergantung pandangan suksesnya apa. Kalau sukses berguna buat orang lain, kita tidak harus passionate sama apa yang kita lakukan, asalkan apa yang kita lakukan baik buat orang lain,” ujar kak Mikha lagi.

Kak Ruben menambahkan, dulu ketika ia dan dua saudara lelakinya masih sekolah di SMP, sudah jelas kalau abang-adik itu sudah suka musik, suka main gitar, menulis lagu, mengulik lagu-lagu orang, rekam-rekam, dan untungnya orang tua juga support.

Kak Reuben juga menambahkan bahwa jangan pendam passion yang kalian punya, karena akhirnya passion itu tak tertahankan dan akan disalurkan walaupun semua tak tersalurkan di profesi. Sebagai contoh, apabila ada seseorang yang suka menulis lagu, namun ia tidak bekerja sebagai musisi, ia pasti akan selalu menulis lagu, karena itu passionnya. Ia tidak bisa menahan untuk berhenti. Karena passion itu tidak bisa dibohongi.

Band The Overtunes tampil di SIA 4.0. Foto : Sausan Bahira

Harapan Untuk Pemuda

Jangan mau jadi terkenal.

Jangan cari pengakuan dari orang lain.

Berguna untuk sesama. 

Itu harapan dari kakak-kakak The Overtunes untuk Sobat Muda. Mereka juga menambahkan, jangan berfikir terlalu besar dulu walaupun banyak anak muda sekarang yang berambisi besar.

Coba dimulai dari hal kecil, seperti komunitas-komunitas yang ada di sekolah dan jadi orang yang berguna buat orang di sekitar. Jangan terburu-buru, yang penting kita bisa jadi orang yang berguna dan memberikan nilai positif untuk lingkungan kita, misalnya seorang musisi ingin mengadakan world tour, namun banyak orang yang enggak suka sama musisi itu.

Kak Reuben dan Kak Mikha juga bercerita tentang band mereka yang terdiri dari adik-kakak, kelebihan dan kekurangannya. Menurut Kak Reuben, “sibling harmony is the best”. Saat ditanya apakah ada perselisihan saat tur, atau saat penulisan lagu ? “Kami berantem yang gitu-gitu aja sih. Paling soal sepatu dan pakaian, enggak pernah serius sih berantemnya,” kata kakak-kakak itu bersahut-sahutan. Mereka menyatakan karena terikat dalam sebuah band, rasanya sudah seperti teman saja.

Sebelum mengakhiri wawancara, kami juga sempat menanyakan pendapat mereka soal Pemilu. Kata mereka, “Jangan sia-siakan hak untuk memilih. Banyak sumber yang bisa kalian lihat buat acuan mau milih caleg atau presiden, Facebook misalnya.”

Sobat Muda, terima kasih untuk tidak menjadi golput ya!

Khalila Zahra Maharani, siswa SMAN 2 Cibinong dan magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch X/ Ekamatra