Buku tentang Hukum Dari BSO Unair Untuk Bangsa

0
110

Badan Semi Otonom (BSO) Masyrakat Yuris Muda Airlangga (MYMA) Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya merupakan BSO yang bergerak di bidang debat dan menulis. Kesuksesan BSO dalam debat dan menulis tidak perlu diragukan lagi. Berbagai prestasi tingkat nasional telah diraih oleh BSO ini, seperti Juara 1 Ubaya Law Fair 2018, Juara 1 UIN Law Fair 2018, Juara 1 Marvelaw UNNES Competition 2018, dan sebagainya.

Tahun ini BSO MYMA merilis buku hukum berjudul “Iuris Muda : Bunga Rampai Ilmu Hukum Masyrakat Yuris Muda Airlangga.” Buku ini ditulis oleh tujuh mahasiswa, yaitu Jihan Anjania (ketua tim penulis) dan Xavier Nugraha, Elma Putri, Alip Pamungkas Raharjo, Ave Maria Frisa Katherina, Cindy Cendhani, dan Windy Agustin sebagai anggota tim penulis.

Berkait dengan peluncuran buku tersebut Jihan berpendapat, verba volent, scripta manent yang maksudnya, apa yang terkatakan, akan segera lenyap, namun apa yang tertulis akan menjadi abadi. “Kami ingin hasil kajian kami, buah pemikiran kami terkait inovasi dalam dunia hukum tidak hanya menjadi buah pemikiran semata, namun bisa dituangkan secara konkrit, menjadi sumbangsih dalam pembangunan bangsa dan negara”, ujar Jihan Anjania.

Buku tersebut berisi karya-karya mengenai inovasi dalam perkembangan dunia hukum, yang terdiri dari inovasi dalam hukum perdata, hukum tata negara, hukum administrasi, dan bahkan terdapat inovasi dalam pengembangan hukum Islam.

Selain telah memiliki ISBN, buku bunga rampai ini juga mendapatkan kata pengantar dari salah satu penerima penghargaan Anugerah Konstitusi Muhammad Yamin (AKMY) Ke-3 Tahun 2018, yaitu Dr. Herlambang Perdana Wiratraman. Para tim penulis merasa mendapat kehormatan karena buku mereka mendapat kata pengantar dari Dr Herlambang Perdana Wiratraman.

Xavier Nugraha, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya