Akhir Pekan Bersama Blackpink

0
209

Blackpink menggelar konser pertama di Indonesia bertajuk “In Your Area” pada hari Sabtu dan Minggu (19/01 dan 20/01/2019). Hall 5-8 Indonesia Convention Exhibition, BSD Tangerang Selatan, dipakai untuk keperluan konser dan ruang tunggu penggemar. Blinks yang datang pada hari terakhir konser Blackpink, hari Minggu, sudah menukar tiket dan masuk saat ruang tunggu dibuka pukul 10.00.

Blinks Indonesia yang berasal dari berbagai daerah seperti Semarang, Yogyakarta, dan daerah luar Jawa yaitu Kalimantan dan Sulawesi bersatu untuk menonton konser Blackpink. Selebriti tanah air yaitu Kevin Julio, Cia Wardhana, dan Cinta Kuya terlihat di tengah kerumunan. Para penggemar Blackpink tidak sabar melihat langsung idola mereka yaitu Kim Jennie, Kim Jisoo, Park Chaeyoung, dan Lalisa Manoban.

Pukul 17.00 pintu masuk ke ruang konser sudah dibuka. Banyak teriakan terdengar dan seruan untuk memeriahkan konser. Para petugas dengan sigap mengatur alur masuk penonton. Setelah masuk, para penonton untuk zona berdiri berlari mendekati panggung agar dekat dengan Blackpink.

Para penonton untuk zona duduk segera mencari tempat duduk sesuai tiket. Sembari menunggu penampilan Blackpink, para penggemar menyanyikan lagu Stay, Forever Young, dan Ddu-du-ddu-du. Tak lama kemudian, pengeras suara di area konser memutar lagu-lagu Blackpink. Semua penonton bernyanyi dengan heboh. Ada yang berteriak, “Blackpink In Your Area!” dan disusul oleh canda dan tawa. Kegembiraan memenuhi ruangan bahkan sebelum konser dimulai.

30 menit sebelum konser dimulai, video klip Blackpink ditayangkan di layar besar yang terpasang di kiri dan kanan panggung. Para penggemar berteriak kencang nama idola mereka. Iklan KIA, sponsor utama konser Blackpink, ditayangkan setelah video klip. Lalu, Indonesia Raya dikumandangkan dengan meriah. Semua penonton berdiri dan bernyanyi bersama. Walau Blackpink tidak berasal dari Indonesia tetapi konser ini diadakan di Indonesia sehingga lagu kebangsaan kita itu dinyanyikan bersama sebagai tanda hormat. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan, para penonton di zona duduk pun duduk.

Pukul 18.50 konser dimulai. Di layar utama panggung terlihat jelas rubik berwarna merah muda yang bertuliskan nama-nama anggota Blackpink beserta foto mereka. Diiringi musik yang menggelegar dan membuat penonton ramai. Terdengar suara meriah dari band musik yang mengiringi konser Blackpink.

Sepertinya Jisoo kini fasih berbahasa Indonesia

Tiba-tiba muncullah Blackpink dari bawah ke atas panggung. Ddu-du-ddu-du lagu pembuka konser. Para anggota Blackpink memakai pakaian seperti tentara dengan paduan warna merah muda dan putih. Gemerlap pelengkap pakaian mereka terlihat jelas. Jennie berteriak kencang, “Jakarta, are you ready?” dan disambut meriah oleh para penonton.

Blackpink menari dan bernyanyi penuh semangat. Enerjik di setiap gerakan tarian. Kembang api di sekitar panggung menyala terang di akhir lagu. Lagu Forever Young menjadi lagu kedua yang dinyanyikan. Suasana semakin meriah dengan nada yang up beat. Terlihat penonton di zona berdiri menari bersama Blackpink. Setelah penampilan “Forever Young”, para anggota Blackpink menyapa penonton dengan bahasa Indonesia.

Lucunya suara anggota Blackpink berbahasa Indonesia dengan sedikit aksen Korea. “Halo, namaku Jisoo” kata Jisoo dengan senyuman manis. Semua penonton terpukau dengan kecantikan para anggota Blackpink. “Mari kita bersenang-senang” kata Jennie yang berusaha keras mengucapkan kalimat bahasa Indonesia. Para anggota Blackpink lainnya tertawa.

Rose, anggota Blackpink yang fasih berbahasa Inggris, mengingatkan para penonton di zona berdiri untuk tidak saling mendorong satu sama lain saat menonton penampilan Blackpink. “Let’s not push each other and let’s all just have a good time tonight. Is that all clear?” tanya anggota Blackpink kelahiran New Zealand. Jisoo mengucapkan, “Hati-hati!” dan jarinya pun membentuk hati kecil. Sepertinya Jisoo kini fasih berbahasa Indonesia.

Whistle, lagu debut Blackpink, dinyanyikan. Bomb, bomb! Everytime I show up, blow up, oh! Lisa, penari utama Blackpink, terlihat sangat enerjik. Blackpink kompak menarikan lagu debut mereka. Jeda hanya 5 menit yang diisi oleh video penggemar Blackpink ditayangkan setelah penampilan.

Penggemar Blackpink yang berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Mesir, Filipina, dan tentunya Indonesia terlihat sangat kocak. Salah satu penggemar Indonesia membuat lagu Blackpink dengan nada dangdut. Banyak penonton langsung mengangkat jempol sambil menari.

Di konser ini, tidak hanya lagu-lagu Blackpink saja yang dinyanyikan. Ada penampilan sendiri dari setiap anggota Blackpink. Kini, setiap anggota mengenakan baju yang berbeda. Jisoo, anggota Blackpink yang pertama tampil, menyanyikan lagu Clarity yang dipopulerkan oleh Zedd. Uniknya, beberapa lirik lagu tersebut diganti dengan bahasa Korea. Jisoo menari dengan asyik mengikuti nada lagu.

Siluet apik

Panggung semakin panas dengan penampilan Lisa yang menari enerjik lagu-lagu bergenre R&B. Lekukan tubuh Lisa membentuk siluet yang apik. Penonton semakin gerah. Rose tampil untuk menyejukkan dan memakai gaun panjang. Merdunya suara Rose diiringi alunan alat musik piano memenuhi ruangan. Lagu-lagu yang dinyanyikan Rose lumayan banyak dan ada yang berbahasa Inggris serta Korea.

Terakhir dan yang sangat dinanti yaitu penampilan lagu Jennie. Solo, lagu debut Jennie, menutup rangkaian penampilan sendiri para anggota Blackpink. Di tengah lirik lagu, para penggemar mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jennie walaupun hari ulang tahunnya sudah lewat yaitu 16 Januari.

Jennie semakin semangat menari dan tersenyum lebar. Band pengiring konser tak mau kalah. Saat para anggota Blackpink menyiapkan diri, band memainkan alat musik dengan meriah. Genderang keras alat musik drum dan petikan suara nyaring alat musik gitar terdengar jelas.

Meriahnya penampilan Blackpink. Foto: Maria Oktaviana

Kiss and Make Up lagu Dua Lipa, penyanyi asal Amerika Serikat, yang berkolaborasi dengan Blackpink sukses membuat penonton terpukau. Setelah itu, lagu So Hot oleh Blacklabel Remix membuat penonton semakin heboh. Malam semakin panas dengan lagu Playing with Fire. Para anggota Blackpink terlihat antusias menari dan menyanyi. Penonton juga tidak terlihat lelah.

Blackpink kembali menyapa penggemar dan mengingatkan untuk mengurangi penggunaan ponsel genggam. Rose mengatakan untuk bersenang-senang di konser ini tidak perlu ponsel genggam dan sibuk merekam. Menarilah bersama Blackpink, ajak Rose.

Para anggota Blackpink mengajak penonton bermain ombak. Rose berlari dari arah kiri ke kanan panggung untuk mengecek semangat penonton. Semuanya kompak berteriak lantang. Setelah bermain, penampilan berlanjut dengan dua lagu dari album fisik pertama Blackpink yaitu Really dan See U Later. Band kembali bermain alat musik dan mengajak penonton untuk bertepuk tangan mengikuti irama.

Jennie mengatakan hanya sisa dua lagu terakhir dan dia sangat sedih

Blackpink tak hanya menyanyi, mereka juga akting. Video akting mereka diputar. Mereka ceritanya menjadi pembalap mobil. Awalnya mereka mencuci mobil. Wah, cantiknya para anggota Blackpink yang sibuk mencuci. Jisoo menyiapkan alat cuci mobil, Jennie menyemprotkan air, Lisa mencuci dengan sabun, dan Rose mengelap mobil. Lalu, mereka naik mobil yang sudah bersih.

Satu sama lain terlihat kompetitif saat mengemudi di parkiran bawah sebuah gedung. Decitan ban mobil terdengar jelas. Penonton terkejut karena seolah-olah para anggota Blackpink hanya balapan ternyata mereka membentuk huruf BP, inisial Blackpink. Dengan elegan, para anggota Blackpink keluar dari mobil dan jalan bersama. Keren sekali akting mereka.

Tiba-tiba terdengar sirene berbunyi. Blackpink tampil dengan lagu 16 Shots yang penuh dengan kejutan. Di akhir penampilan terdengar dentuman keras seperti suara pistol mengejutkan penonton. Blackpink kembali mengobrol dengan penonton. Jennie mengatakan hanya sisa dua lagu terakhir dan dia sangat sedih. Jisoo dengan senyuman mengatakan, “Mantap!” dan penonton tertawa. Lagu Boombayah dan As If It’s Your Last menutup penampilan Blackpink yang enerjik.

Semuanya bertepuk tangan. Tidak, konser Blackpink belum selesai. Penonton bertepuk tangan untuk menambah semangat Blackpink untuk encore yaitu penampilan ulang penyanyi tapi dengan suasana lebih santai. Pukul 20.20 encore sudah dimulai dan para anggota Blackpink mengenakan baju yang dijual di toko resmi mereka. Terlihat sangat cantik walau hanya memakai kaus dan riasan rambut yang tidak seheboh saat penampilan tadi.

Inilah momen kedekatan Blackpink dengan penonton. Para penggemar terus meneriakkan nama para anggota Blackpink. Lisa berkeliling di sekitar panggung bersama Jisoo sambil bernyanyi. Jennie sampai jongkok di pinggir panggung untuk dekat dengan penonton. Ia bahkan sempat memberikan jepitan rambutnya ke salah satu penonton yang memakai kursi roda.

Rose asyik bernyanyi sambil melambaikan tangan ke penonton. Lagu terakhir yang dinyanyikan adalah Stay. Blackpink ingin semangat saat konser selalu tinggal dalam hati para penonton. Tetap ada semangat yang membara dalam setiap kegiatan yang dijalani. Para anggota Blackpink menerima boneka dari penggemar dan memainkannya. Kocaknya akting mereka seolah berbicara dengan boneka.

Rose, Jennie, Lisa, dan Jisoo melihat para penonton. Foto: Hizkia Christian Purnomo

Pukul 20.35 konser selesai. Para penonton di zona berdiri segera beranjak. Para penonton di zona duduk masih terlihat duduk dan menikmati suasa. Indahnya akhir pekan bersama Blackpink. Pada saat keluar, poster resmi Blackpink dibagikan gratis oleh panitia. Semuanya segera mengambil. Menikmati akhir pekan bersama Blackpink, momen yang berharga.

Maria Oktaviana, Siswa SMA Negeri 7 Tangerang Selatan dan Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch X