Tahun 2019, Tahun Bebas Hoax!

0
642

Sudah tahukah Anda berita mengenai tujuh kontainer surat suara tercoblos ? Apa yang muncul dalam pikiran Anda ketika pertama kali mendengar atau membaca berita tersebut ? Apakah Anda langsung mempercayai berita tersebut ?

Pada awal tahun 2019, Indonesia dihebohkan dengan berita mengenai surat suara. Berita tersebut telah menjadi perbincangan yang hangat bagi warga Indonesia. Ketika pertama kali berita ini tersebar, ada beberapa orang yang langsung percaya begitu saja ada pula yang tidak langsung percaya dan melakukan penyelidikan lebih lagi.

Selidik punya selidik, berita tersebut adalah hoax atau berita palsu. Sangat disayangkan bahwa Indonesia harus mengawali tahun yang baru tahun 2019 dan berurusan dengan masalah berkaitan dengan hoax. Berita terkait surat suara memberikan dampak yang cukup besar bagi warga negara Indonesia karena berita hoax ini bersangkutan dengan Pemilu 2019. 

Dalam waktu sekejap, suatu berita tertentu bisa tersebar luas ke seluruh daerah di Indonesia oleh karena kecanggihan teknologi. Namun, sangat disayangkan bahwa beberapa orang justru menyalahgunakan kemajuan teknologi yang ada. Selain itu penyebaran hoax menjadi lebih mudah karena sudah banyak orang yang menggunakan sosial media seperti Facebook, YouTube dan lainnya di telepon pintar mereka.

Semakin banyaknya informasi yang disebar secara bebas di sosial media, maka menjadi lebih sulit untuk membedakan apakah informasi tersebut adalah valid atau tidak valid.

Stop hoax

Setiap kali kita menerima informasi atau berita dari siapapun berita tersebut kita dapatkan, perlu kecerdikan untuk menerimanya. Harus dipastikan bahwa berita yang kita dapatkan tidak memihak kepada satu sisi atar bersifat provokatif. Dalam mematikan hoax di Indonesia, hal ini dimulai dari kita.

Kita harus memiliki rasa peduli terhadap isu mengenai hoax dan memulainya dari lingkungan kecil dimana kita berada dengan memastikan bahwa lingkungan kecil kita bebas dari hoax. Kita tidak perlu melakukan sesuatu yang besar yang justru belum tentu kita mampu melakukannya. Sekaranglah waktunya untuk memulainya, bersama hentikan peredaran hoax di Indonesia.

Memberhentikan hoax bisa dimulai dengan “3 simple actions“. Apa saja sih itu ?

  • Perhatikan source kita mendapatkan informasi. Salah satu cara untuk menentukan ke-valid-an suatu berita ialah melalui source yang digunakan. Pastikan kita mendapatkan informasi dari reliable source. Hal-hal yang bisa menjadi total ukur ialah: akurasi, obyektivitas, cakupan sumber.
  • Melakukan double check terhadap informasi yang didapatkan. Setelah mendapat kepastian bahwa informasi berasal dari reliable source, selanjutnya ialah mengenai konten dari informasi tersebut. Lakukan riset untuk memastikan kebenaran informasi yang didapatkan. 
  • Berfikir secara matang sebelum menyebarkan informasi. Biasakan diri untuk tidak terburu-buru saat ingin menyebarkan suatu informasi, sekalipun terhadap kerabat terdekat. Hanya sebarkan informasi yang dapat kita pertanggungjawabkan kebenarannya.

Nathania Astria Soegianto