Berkreasi di Genesis SMAK 1 Penabur Jakarta

0
790

SMAK 1 PENABUR Jakarta kembali mengadakan acara SMAK 1 CUP dengan tema GENESIS. GENESIS merupakan suatu akronim dari Glistening Energy of Never Ending Spirit in Solidarity. Acara SMAK 1 CUP berlangsung selama 10 hari dimulai dari hari Rabu (3/10/2018) sampai dengan Jumat (12/10/2018).

Acara ini diadakan untuk menjalin pertemanan serta mempererat persahabatan dengan sekolah-sekolah lain khususnya di Jabodetabek melalui olahraga, seni serta bidang kreativitas dan akademik lainnya.

Banyak sekali lomba yang dipertandingkan pada tahun ini. Semua lomba terbagi dua menjadi lomba untuk tingkat SLTA dan untuk tingkat SLTP. Untuk tingkat SLTA, ada 14 jenis lomba yang diikuti oleh berbagai sekolah di Jakarta dan sekitarnya. Lomba-lomba untuk tingkat SMA adalah Basketball, Futsal, Badminton, Volleyball, Band, Debate Competition, Mural, Photography, Paskibra, Modern Dance & BBoy, Short Movie Competition, Business Plan Competition, MUN, dan Pencak Silat.

Sedangkan, untuk tingkat MP, berbagai lomba yang diselenggarakan adalah Basketball, Futsal, Speech, Spelling Bee, Writing, Battle of Brains, Math and Science Competition, Social Science Competition, Mural, dan Photography.

Hampir seluruh cabang lomba diikuti mencapai target kuota peserta, apalagi badminton dan MUN yang pesertanya tahun ini membludak. Seluruh peserta antusias mengikuti setiap perlombaan dan berharap dapat memenangkan setiap game-nya. Para juara dan pemenang langsung mendapatkan trophy segera setelah pertandingan usai, sehingga mereka tidak perlu lagi menunggu hasilnya pada saat closing. Para pemenang lomba dapat diakses di cup.smakone.org.

Foto: Arsip SMAK 1 Penabur

Closing Night
Acara closing sangat meriah pada Jumat 12 Oktober 2018. Panggung sudah mulai disetting sejak Kamis (11/10/2018) sore. Dengan tema yang diusung adalah Genesis, sejarah berbagai kejadian di dunia ini, tidak ketinggalan lapangan SMAK 1 disulap menjadi area hiburan yang sangat menarik.

Panitia dekorasi sudah merancang setiap detilnya dengan seksama sehingga dapat memberikan tampilah yang menarik dan sangat berkesan. Misalnya saja, lorong masuk lapangan dihias dengan berbagai gambar momen SMAK 1 Cup, dan di ujung lorong terlihat tugu jam yang dibangun untuk mengingatkan momen-momen penting dalam kehidupan kita.

Ada juga sudut-sudut tertentu yang dibuat di tengah lapangan untuk memberi peluang kepada para penonton atau pengunjung agar dapat berfoto bersama dengan latar belakang yang sangat Instagramable, ada yang bernuansa kerajaan Timur Tengah, dan ada juga yang bernuansa bingkai-bingkai foto. Ditambah pula satu layar besar sudah disediakan oleh panitia bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan latar belakang lambang burung genesis, lukisan jaman Renaisance, wayang, taman Bunga Sakura dan lainnya.

Setiap tahun SMAK 1 CUP mengundang lebih dari satu artis nasional untuk menghibur semua pengunjung. Tahun ini Teddy Adhitya, JAZ, Rizky Febian, dan RAN mememeriahkan acara closing. Para artis ini memang sesuai dengan selera anak-anak muda, terutama anak-anak SLTA, sehingga banyak para pengunjung yang membeli tiket dan datang khusus untuk menonton artis-artis tersebut.

Foto: Arsip SMAK 1 Penabur Jakarta

Laris
Seperti tahun sebelumnya, tahun ini tiket terjual semua. Sebanyak 2.000 tiket dijual online dan on the spot. Harga tiket ada dua macam, Rp.65.000 untuk early-bird (paling lambat satu minggu sebelum hari H), dan setelahnya tiket dijual Rp.75.000. Sampai pada hari-H, masih banyak yang mengantri membeli tiket on the spot karena pada hari-H pembelian tiket tidak dilayani secara on-line lagi.

Tiket yang terjual adalah khusus untuk para pengunjung di luar lingkungan SMAK 1 PENABUR Jakarta, karena semua guru, siswa, dan alumni SMAK 1 dapat masuk dengan gratis, karena hal ini memang sudah tradisi sekolah untuk mempererat rasa cinta terhadap almamater SMAK 1.

Sponsor resmi GENESIS SMAK 1 CUP 2018 terdiri 17 perusahaan besar, yakni YUZU, PT PAN Brothers, Minna Padi Investama Sekuritas, PT Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra, Kicks Shoe Cleansing Wipes, Original BMB, Cornetto, BCA, Forisa, Hobbinity World, Le Minerale, Bantex, Amidis, Larutan Penyegar Cap Badak, Molten, dan KFC.

Selain oleh para sponsor resmi, GENESIS SMAK 1 CUP 2018 juga didukung oleh media yang turut mempromosikan acara, serta berbagai tenan bazaar yang mendukung acara dengan menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat diperoleh para pengunjung di lapangan SMAK 1.

Semua acara berlangsung sesuai dengan yang sudah direncanakan. Sekitar 200 orang siswa dibantu guru menyelenggarakan kegiatan besar ini. Setiap malam kegiatan semua panitia dengan setia mengikuti kegiatan evaluasi sampai larut. Semua bidang melaporkan kekurangan dan kelebihan, serta usulan yang ada di bidangnya masing-masing untuk perbaikan di hari selanjutnya.

Pada saat closing, di balik panggung, para panitia menitikkan air mata haru bahagia mengingat semua acara berlangsung dengan baik, dan betapa mereka dimampukan untuk menjalani dan menyelenggarakan sebuah acara besar. Dan tak lupa berdoa bersyukur atas kemurahan Tuhan. Selamat dan sukses untuk semua panitia GENESIS SMAK 1 CUP 2018.