Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMA Santa Maria Surabaya

    0
    1436

    Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2018-2019 di SMA Santa Maria Surabaya berlangsung seru dan komplet. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Senin-Jumat (16-20 Juli) di lingkungan sekolah. Tak hanya siswa diajak untuk mengenali lingkungan sekolah yang baru, tapi yang tak kalah penting mereka dibekali pula pembentukan karakter diri yang kuat melalui beragam acara yang menarik.

    Penampilan ekstrakurikuler Hapkido dihadapan peserta MPLS SMA Santa Maria Surabaya. Foto : Arsip Santa Maria

    Sebut saja ada pengenalan visi misi sekolah, bela negara dan cinta tanah air melalui pelatihan baris berbaris, tanggap bencana oleh Basarnas, keberagaman dan nasionalisme oleh kelompok Gusdurian, pentas kreativitas seni, permainan tradisional egrang, dan bakti sosial kepada sesama.

    “Aku begitu tersentuh ketika mendapatkan materi bakti sosial (baksos) untuk berempati pada sesama. Setiap kelas diminta melakukan baksos dengan berempati menyerahkan sembako pada orang-orang yang kekurangan di sekitar sekolah. Ada pedagang asongan, para tukang becak, dan penjual koran. Aku begitu terharu,” kata Callysta Natasha siswi kelas X Bahasa dengan mata berkaca-kaca.

    Peserta MPLS Santa Maria Surabaya saat mendapat materi bela negara dari anggota TNI. Foto : Arsip Santa Maria

    Keberagaman dan nasionalisme 

    “Ya, materi MPLS Sanmar memang asyik banget. Kalau aku sih terkesan dengan materi keberagaman dan nasionalisme yang dipandu oleh kakak-kakak dari Gusdurian. ¬†Adanya perbedaan suku, warna kulit, budaya, agama, dan lain-lain menjadikan Indonesia makin indah dan makin berwarna,” beber Jesson Heruten siswa X IPA. “Pokoknya Indonesia itu luar biasa dan kaya raya, deh,” imbuhnya.

    Momen MPLS memang merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi para siswa baru dan biasanya akan menjadi kenangan tak terlupa. Mereka beramai-ramai mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru dan teman-teman yang baru pula. Bila ini dilakukan dengan serius dan sukacita, maka kepribadian, karakter, dan wawasan akan tumbuh berkembang seiring dan berproses menjadi pribadi yang menarik serta mengispirasi. Pendidikan yang dijalani selama MPLS, tentunya akan menjadi bekal berharga kehidupan di tahap selanjutnya.

    “Saya sungguh bangga melihat pelaksanaan MPLS yang telah dijalani oleh para siswa baru. Semoga anak-anak akan cepat beradaptasi dan memahami visi misi sekolah dan materi MPLS yang telah diberikan agar dalam proses pembelajaran di kelas nanti para siswa tidak merasa kesulitan,” ungkap Christina Sumarwatini, Ketua Pelaksana MPLS 2018.

    Cornellius Widya V