Pahit-Manis Pengalaman Pertama Liputan di Lapangan

0
816

Kalian pernah enggak sih ngebayangin rasanya jadi reporter yang meliput suatu peristiwa atau meliput suatu isu di lapangan secara langsung? Nah, Magangers Kompas Muda Batch X pada hari Rabu, (04/07/2018) berkesempatan untuk meliput di tempat yang telah ditentukan pada hari sebelumnya. Tetapi, sebelum memulai meliput di lapangan, kami dibekali ilmu mengenai jurnalistik terlebih dahulu oleh wartawan Harian Kompas.

Setelah memperhatikan materi yang dipaparkan oleh Kak Herlambang dan Kak Rijal, akhirnya perut pun berbunyi yang menandakan kami harus makan siang. Setelah selesai melahap makanan, kami langsung bergegas pergi menuju tempat liputan kelompok kami di perempatan Slipi, Jakarta Barat. Awalnya, kami ingin ke sana dengan naik Transjakarta, eh ternyata pergi ke sana cukup naik angkot sekali dari Pasar Palmerah.

Setiba di perempatan Slipi, awalnya kami bingung. Kira-kira topik apa yang akan kami bahas karena riset awal yang kami temukan hanyalah macet. Namun, tiba-tiba mata kami tertuju pada kondisi trotoar yang dalam keadaan berantakan. Kondisi trotoar yang rusak membuat kami tertarik untuk meliput orang-orang di sekitar trotoar perempatan Slipi.

Pada saat itulah, kami merasakan pahit-manis meliput suatu topik di lapangan. Saat kami ingin mewawancarai pendapat pejalan kaki mengenai kondisi trotoar yang ada di perempatan Slipi, mereka tidak bisa menjawab. Pasalnya, mereka dalam keadaan terburu-buru sehingga mereka tidak dapat menjawab berbagai pertanyaan yang telah kami siapkan. Eh, tapi ternyata ada juga, kok dari mereka yang mau diwawancara. Itu pun mereka jawab dengan terburu-buru.

Berbeda dengan pejalan kaki, pedagang di sana dapat diwawancara tanpa dalam keadaan terburu-buru. Kami dapat mewawancarai beberapa pedagang kaki lima seperti pedagang gorengan dan mi ayam. Mereka dapat menjawab berbagai pertanyaan dengan senang hati dan kami pun mendapat berbagai data dari proses liputan tersebut. Hore!

Setelah mengumpulkan berbagai data, kami akhirnya kembali ke gedung Kompas. Setelah melakukan diskusi dengan kelompok, kami maju per kelompok untuk mempresentasikan hasil liputan tadi. Kira-kira begitulah pengalaman pertama kami melakukan liputan. Tetap ikuti keseruan magang kami bersama @kompasmuda ya!

Reza Gibran Sudrajat
Magangers Kompas Muda Batch X – Kelompok Bersimu