Televisi On Air 3.0: Menciptakan Konten Yang Menarik

0
578

TANGERANG, KOMPAS CORNER – UMN TV, media kampus Universitas Multimedia Nusantara berbasis streaming television menghelat kembali acara tahunan mereka yaitu TELEVISIONAIR 3.0. Angka 3.0 sendiri memiliki makna bahwa ini merupakan tahun ketiga UMN TV mengadakan acara dengan nama serupa.

Berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), acara ini diadakan pada Jumat, 16 Maret 2018 di Executive Lounge, Universitas Multimedia Nusantara. Konsep dari acara ini sendiri adalah sharing and discussion bersama berbagai media kampus dan Asosiasi Televisi Kampus Indonesia (ATKI).

Fellya Hartono, salah satu pembicara dalam sesi sharing TELEVISIONAIR 3.0 sedang membawakan materi

Mengangkat tema “Produksi Konten Kreatif Media TV Kampus” sebagai salah satu tema seminar puncak dari rangkaian acara yang telah berlangsung sejak 15 Maret 2018, sharing and discussion ini menghadirkan Yulika Satria Daya, Produser Kompas Sport sebagai pembicara sekaligus moderator dan Fellya Hartono, reporter program Garuda di NET TV yang juga merupakan ketua generasi pertama UMN TV.

Yulika Satria Daya sedang membawakan materi kepada audiens dalam sesi sharing TELEVISIONAIR 3.0

Saat membawakan materi, Yulika mengatakan salah satu masalah utama dunia pertelevisian sekarang adalah kurangnya minat masyarakat untuk menyaksikan tayangan TV. Ketika hanya ada dua hal yang sekarang menarik minat masyarakat yaitu Breaking News dan Live Match. Kemudian apa saja trik yang dibeberkan oleh kedua narasumber?

Triknya, para pekerja industri ini harus mampu menguasai mediumnya atau teknologinya seperti aplikasi media sosial (Instagram, Twitter, YouTube, Facebook dsb), membuat konten yang bercerita, memiliki pesan yang menggugah, unik, trending, dan lokal tetapi universal sehingga dapat menyentuh emosi penonton. Berbagai cara dapat dilakukan mulai dari riset dan brainstorming, menonton berbagai macam konten (talkshow, travel, documentation, lifestyle, dan lainnya), hingga ATM (Amati-Tiru-Modifikasi).

Kehadiran berbagai TV kampus lain seperti LSPR TV, MMTC, DNK TV, Budi Luhur TV, Five TV, TV UAD, Sigma TV, ATVI, dan UPTV menambah seru suasana sharing and discussion. Selain mendapat tips dan trik menarik cara memperdalam konten program TV kampus, peserta juga dapat menanyakan kepada narasumber bagaimana solusi untuk mengatasi kesulitan yang mereka alami selama membuat program untuk TV kampus mereka.

Suasana saat lomba Live Report.

Bersamaan dengan sharing and discussion, lomba Live Report dengan tema “Sending Your Report with One Take Action” turut diadakan. Bertempat di Studio UMN TV, tidak hanya mengikuti lomba, peserta juga diberi pembekalan oleh juri sebelum mengikuti lomba. Menghadirkan Skolastika Sylvia (News Anchor Liputan 6 SCTV), Maria Anneke (Jurnalis dan Broadcaster Kompas TV), Veronika Kaban (Dosen Jurnalistik UMN), dan Raymond Kaya (Executive Producer Liputan 6 SCTV dan Dosen Jurnalistik UMN) sebagai juri yang akan menilai penampilan peserta lomba Live Report.

Semoga sharing and discussion yang telah dilaksanakan bermanfaat bagi peserta sehingga dapat membuat konten yang menarik dan lomba yang telah dilaksanakan dapat menambah keterampilan peserta dalam membawakan Live Report.

 

Penulis : Kompas Corner / Adina Fayza Gayo

Penyunting : Kompas Corner / Nico Wiranito

Dokumentasi : Kompas Corner / Richard Kandoko