7 Manfaat Chia Seeds

55
2386

Chia seeds merupakan  biji-bijian kecil yang berasal dari Amerika Selatan dan Meksiko. Akhir-akhir ini, biji-bijian ini telah dipakai sebagai bahan organik favorit di Indonesia. Biasa digunakan pada minuman ataupun salad. Namun, tahukah kamu akan manfaat biji kecil ini? Inilah beberapa manfaat chia seeds.

1. Menurunkan Berat Badan
Chia seed mempunyai kandungan serat, yang memiliki fungsi untuk menyerap sejumlah besar air dan bisa mengembang di dalam perut sehingga membuat seseorang menjadi merasa kenyang lebih lama dan bekerja untuk memperlambat proses penyerapan makanan. Sehingga Anda bisa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi makanan.

2. Mengatasi Penyakit Diabetes
Mengonsumsi chia seed bisa bermanfaat untuk mengontrol kestabilan kadar gula darah. Chia seed bekerja untuk mengurangi masalah resistensi insulin di dalam tubuh. Hal ini penting untuk menghindari dan mengatasi masalah diabetes.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol
Chia seeds memliki asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah datangnya penyakit jantung koroner. Lemak monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) yang dimiliki chia seeds juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Bagus Untuk Tulang Dan Gigi
Chia seed dapat memperbaiki kesehatan tulang dan dapat memperbaiki asupan kalsium karena kandungannya yang kaya akan kalsium. Biji chia juga kaya akan mangan yang juga penting untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat dan fosfor, yaitu mineral yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan tulang.

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit
Omega-3 dalam chia seed dapat membantu melindungi kulit dari radiasi UV dan telah terbukti dapat mengurangi kekeringan dan peradangan pada kulit. Selain itu, chia seed juga bertindak sebagai agen antiinflamasi yang dapat membantu mencegah kulit keriput ataupun kulit kendur.

6. Memerangi Kanker Payudara dan Bentuk Kanker lainnya
Chia seed memiliki kemampuan dalam memerangi kanker karena chia seed merupakan sumber asam alpha-linoleat yang baik dan dapat membantu mencegah kanker payudara. Minyak biji chia juga ditemukan memiliki sifat anti-kanker yang ternyata dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan menghambat replikasi sel kanker.

7. Memperbaiki Tidur
Chia seed tinggi akan triptofan yang memproduksi hormon penting untuk tidur yaitu serotonin dan melatonin. Hormon-hormon ini tentunya dapat membantu tidur dan relaksasi dengan lebih baik. Menurut sebuah penelitian di Amerika, triptofan juga digunakan untuk mengobati banyak gangguan tidur.

Nah, setelah tahu manfaat Chia seeds, apakah kamu mau mencobanya?

Sumber:
• https://mediskus.com/nutrisi/28-manfaat-chia-seed-dan-efek-samping
• http://www.alodokter.com/mengenal-chia-seed-biji-bijian-yang-kabarnya-punya-banyak-manfaat
• http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2017/04/manfaat-chia-seed.html