Volunteer di Synchronize Festival Seru Banget!

0
1393

Hai, gue Diena! Salah satu dari dua reporter yang menjadi volunter yang ngeliput acara Synchronize Festival 2017 yang keren abis! Yap, gue negliput acara Synchronize Festival selama 3 hari dari tanggal 6-8 Oktober 2017 di JIEXPO Kemayoran. Awalnya gue sama sekali enggak tau tentang Synchronize Festival. Itu acara apa sih? Kapan diadainnya?

Dan tibalah di suatu hari waktu gue liat grup Magangers Kompas Muda Batch 9. Yess, aku memang salah satu siswa SMA yang beruntung bida bergabung dengan Kompas Muda.

Di situ Ari, salah satu magangers, kirim screen shoot (SS) snapgram IG Kompas Muda yang nawarin tiket gratis Synchronize Festival 2017. Grup langsung rame pas Mbak Abriany dari Marcomm Kompas nanyain rencana anak magangers buat kegiatan akhir minggu. Langsung rame deh, semua kasih kode minta tiket gratis.

Nah, gue searching di internet tentang Synchronize Festival. Gue buka web resminya SyncFest, berita-berita tahun lalu tentang SyncFest, gue kepoin Instagramnya. Dan setelah gue baca dan stalk dari beberapa sumber, gue langsung tertarik sama acara ini. “Acara seru nih! Kebetulan minggu ini gue gabut” batin gue berharap beneran ada tiket gratis.

Gue makin seneng pas Mbak Abrianny beneran nawarin liputan di SyncFest sebagai volunteer dengan kuota reporter dua orang dan satu fotografer + videografer. Karena banyak banget yang mau. Akhirnya, dibuatlah suatu ketentuan buat kita calon volunteer, di situ para calon diminta buat ngirim CV dan contoh tulisan/artikel.

Gue bikin tuh artikel tentang liputan gue di pensi salah satu sekolah di Jakarta. Gue awalnya enggak yakin bakalan keterima. Tapi, di suatu siang hari di sekolah gua tiba- tiba dapet telepon dari Kompas, gue ditanyain, “Kamu siap ga kalo ngeliput selama 3 hari”. Gue langsung jawab aja,  “Siap mbak”. Enggak GR sih, tapi kayaknya emang diterima hehehe…

Malemnya, grup Magangers gue berisik banget. Mbak Abrianny kasih kode kalau yang ditelpon tadi siang fix lolos jadi volunteer. Mana temen yang lainnya pada main rahasia- rahasiaan, enggak mau ngasih tau lolos apa enggak. Untuk meyakinkan diri gue, gue langsung kontak Mbak Abriany buat konfirmasi gue lolos atau enggak. Dan, ternyata gue lolos! Bareng dua temen gue yang lain yaitu Ito dan Ben.

Sehari sebelum acara kami di briefing dulu di kantor kompas. Semacam pembekalan buat ngeliput SyncFest 2017. Bikin pertanyaan, mantengin jadwal. Sampailah kita di hari  H di tanggal 6 Oktober. Gue berangkat ke JIEXPO naik kereta selama sekitar 2 jam. Di lokasi, gue ketemu lagi sama temen-temen. Di hari itu, juga kita dapet tugas buat ngisi lama kompas muda dengan 1 musisi yang tampil.

Foto di spot favorit para pengunjung. Dokumentasi Pribadi

Reporter harus bekerjasama dengan fotografer supaya foto yang ditampilkan dengan tulisan nyambung. Gua liatin rundown tuh, banyak band- band yang belum gue tau bahkan belum pernah gue denger. Gua baca, dan gua langsung tertarik sama Kimokal. Personil Kimokal ada 2 orang Kimo dan Kal. Mereka nyanyiin lagu yang menurut gue enak. Ternyata, Kimokal udah terkenal di Inggris, Singapura dll.

Buat wawancara mereka, gue dan fotografer, Kak Aldi kudu nyari-nyari di backstage. Oh ya, Kak Aldi ini, Magangers Kompas Muda Batch 7 yang juga menjadi volunter di acara ini. Akhirnya, kami ketemu dan mulailah wawancara dengan mereka. Pertama kalinya gue ngerasa nervous banget, sampe gue nge-blank sama nama mereka. Gue berusaha tenang tuh. Akhirnya selesailah wawancara Kimokal. Ada 1 reporter dari media lain yang nasehatin gue supaya selalu inget nama narasumber yang kita wawancarain.

Di hari-hari selanjutnya, gue enggak mau grogi lagi. Gue baca semua latar belakang band yang mau tampil, gue hafalin lagunya, nama personel setiap band, awal terbentuk. Akhirnya gue milih Ebiet G. Ade untuk dijadin tulisan gue malam itu. Gue bikin list pertanyaan di mobil pas perjalanan menuju JIEXPO. Kebetulan banget, pas gue sampe lokasi, Ebiet G. Ade lagi tampil dan bawain lagu-lagu kerennya. Di tengah penampilan Ebiet, Jokowi dateng. Suasana langsung rame, gua kegencet sana sini apalagi badan gue kecil hehe.

Berfoto bersama Ebiet G. Ade

Pas gue mau wawancara Ebiet, ternyata beliau udah mau pulang. Untungnya gue dapet foto bareng jadi enggak terlalu kecewa hehehe. Kecewa gue terobati dengan interview sama band Fourtwnty di both Kompas. Gue tau lagunya enak-enak, karena sebelumnya gue udah liat di YouTube. Di both Kompas juga banyak fans dari Fourtwnty, jadi gue nanya-nanya mereka juga.

Banyak pertanyaan unik dari para fans yang dijawab unik juga sama Fourtwnty. Di akhir interview, gue dapet tanda tangan Ari Lesmana, vokalis Fourtwnty dan berhasil selfie. Yeaayy… Fourtwnty tampil di District Stage jam 23.45, dan penampilan mereka keren banget.

Di hari terakhir gue tanggal 8 Oktober, gue Cuma sebentar di lokasi karena besoknya gue sekolah. Gue keliling-keliling area tuh bareng temen gue dan banyakin foto-foto. Hari itu, gue udah mantep buat nulis tentang Payung Teduh. Di hari itu, para volunteer dapet tugas tambahan yaitu ngirim lapoan tentang wawancara sama pengunjung.

Susah banget ternyata wawacara sama pengunjung. Mereka ada yang menghindar, malu- malu, tapi ada juga yang senang dan tertarik diwawancara. Mayoritasnya, mereka baru pertama kali ke SyncFest tahun ini. Disini juga banyak banget both makanan, minuman, merchandise dan masih banyak spot seru lainnya.

Rencananya di hari terakhir itu gue pengen banget nonton KLa Project tapi apa daya gue harus pulang duluan buat ngejar sekolah gue besok.

Pokoknya ini volunteer yang gabakal bisa gue lupain. Di sini gue belajar buat beradaptasi dengan cepat, gesit, enggak malu-malu dan wawasan musik gue bertambah banyak banget. Pokoknya, enggak rugi deh bergabung dengan komunitas Kompas Muda. Semoga saja, besok-besok bisa jadi volunter di acara yang lain, yang lebih seru….

Faizah Diena (SMAN 2 Cibinong)

Magangers Kompas Muda Batch IX