Ebiet G. Ade yang Menghangatkan Hati

0
678

Siapa bilang generasi langgas tak kenal dengan musisi era 1980an? Lihat saja di Synchronize Festival 2017 yang banyak diminati genrasi muda, penyanyi Ebiet G Ade mampu menghangatkan hati penggemar musik generasi langgas.

Sync Festival hari kedua, Sabtu (7/10) malam diramaikan oleh Ebiet G. Ade, Bangkutaman, Bin Idris, Jason Ranti, Jogja Hip Hop Fondation, Teddy Adhitya, Fourtwnty, NTRL, Hello Dangdut dan masih banyak musisi keren lainnya.

Foto: Gregorius Bernardino Saragih

Stage yang terpisah tidak mengurangi semangat para audiens untuk berkeliling  menemukan di mana idolanya tampil. Salah satunya adalah District Stage. Di situlah musisi kenamaan Indonesia tampil. Hampir 40 tahun berkarya di belantika musik Indonesia, tak menyurutkan Ebiet menyuguhkan penampilan terbaiknya.

 

Para penonton yang berasal dari berbagai kalangan usia melambaikan tangannya dan ikut bernyanyi. Sebagian besar penonton merupakan generasi muda yang tak jarang menyanyikan lirik lagu milik Ebiet.

“Saya tidak menduga banyak yang mendengarkan saya. Itu berarti eksistensi musik saya masih bertahan,” ucap Ebiet di atas panggung melihat antusiasme semua kalangan usia yang menontonnya.

Penampilan Ebiet G Ade memukau penggemarnya. Foto: Gregorius Bernardino Saragih

Ditemani satu bangku dan gitarnya, Ebiet menyanyikan beberapa lagu yang familiar di dengar oleh Mudaers seperti “Titip Rindu Buat Ayah”, “Cintaku Kandas di Rerumputan” dan “Berita Untuk Kawan”. Rupanya, di antara penonton tadi ada yang berharap Ebiet G. Ade menyanyikan Lagu “Menjaring Matahari”.

Ebiet juga memiliki pesan-pesan khusus untuk penontonnya. “Siapa tahu nanti aku ‘kan terpilih jadi kepala desa. ‘Kan kubangkitkan semangat rakyatku dan kubangun desaku….”. Begitulah penggalan lagu special dari Ebiet yang berjudul Cita-Cita Kecil si Anak Desa. Lagu itu memiliki pesan bahwa setiap manusia harus memiliki cita-cita. “Kita semua punya keinginan,” kata Ebiet di tengah lagunya.

Terus berinteraksi dengan penonton di tengah performance membuat para penonton semakin semangat bersorak-sorak. Dan di tengah penampilan di pukul 19.00, Ebiet G. Ade dan para penonton dikejutkan dengan kedatangan Bapak Presiden Jokowi. Dengan muka sumringah beliau menyapa Presiden Jokowi

“Saya agak shock sebenarnya malam ini kedatangan Pak Jokowi. Ini kehormatan buat saya. Pak Jokowi apa kabar, terima kasih Pak,” sapa Ebiet kepada Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menikmati acara dan berbaur dengan para penonton. Foto: Gregorius Bernardino Saragih 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Malam Itu Presiden Jokowi berdiri diantara penonton menikmati senandung musik puitis Ebiet G. Ade. Acara ditutup dengan lagu “Berjalan di Hutan Cemara” sekaligus menyampaikan salam untuk keluarga penonton. Ebiet G. Ade juga berharap agar acara festival musik seperti Synchronize Festival sering diadakan di Indonesia.

Reporter :

Faizah Diena Hanifa (SMAN 2 Cibinong)

Fotografer :

Gregorius Bernardino Saragih (SMA Kolese Gonzaga)

(Magangers Kompas Muda Batch IX)