Kesalahan Terbaik

0
296

Suasana museum yang tenang dan sejuk menyambut tim Vadenform yang ingin meliput bekas sekolah kedokteran pada masa Belanda. STOVIA atau School tot Opleiding van Inlandsche Artsen merupakan sekolah modern pertama Tanah Air, karena fasilitas yang digunakan sama dengan fasilitas kedokteran di Eropa. Stovia juga dikenal dengan Museum Kebangkitan Nasional.

Saat memasuki museum, kita disuguhi pemandangan yang ‘jaman dulu’ banget. Pohon palem di pinggiran taman, atap koridor penyambung dari gedung satu ke yang lainnya dan lain lain. Karena sudah menjadi cagar budaya, pihak museum sebisa mungkin tidak mengubah apapun untuk menjaga keasliannya. Apabila ingin menyekat ruangan, mereka menggunakan triplek agar tidak permanen. Sejak 2012, museum ini dibagi menjadi dua bagian; dari pintu masuk, jika kita belok ke kanan, maka kita menuju bagian sejarah perkembangan dokter. Jika kita belok ke kiri, maka kita membahas tentang Organisasi Budi Utomo dan juga pahlawan-pahlawan yang lain.

Tau ngga, Mudaers, kalau mereka yang belajar di STOVIA masih cilik-cilik bangeet. Persyaratan belajar di sini cuma bisa Bahasa Belanda dan minimal umurnya 15 tahun. Wah, kecil-kecil cabe rawit, hihihihi… . Menariknya, setiap hari sabtu mulai jam 9 pagi, mereka mempunyai kegiatan yaitu kelas musik dan menari. Untuk musik, mereka mengajarkan angklung dan gamelan. Seni tari yang diajarkan pun beragam dari seluruh Indonesia, jujur aku pengen banget ikutan, tapi sudah kelas 12, huhuhu.

Lanjut ke perawatan museum, pihak museum membersihkannya seminggu sekali setiap hari senin. Tapi, kalau Mudaers ke museum ini maupun ke museum lainnya, dimohon untuk lebih mengapresiasi peninggalan yang asli maupun replikanya. Karena kita denger-denger kalau masih banyak kawula muda yang bisanya foto-foto doang tanpa meresapi makna museumnya, udah gitu merusak lagi. Eits, tapi ngga mungkin kan, Mudaers yang seperti itu? Mulai sekarang, yuk lindungi situs-situs bersejarah dengan tidak merusaknya.

Walaupun ngga ada pengunjung sama sekali, tapi kami sangat senang! Banyak pengetahuan yang kami dapat dari liputan ke Museum Kebangkitan Nasional ini. Buat Mudaers yang kepo tentang sejarah kedokteran dan para tokoh inspiratif Indonesia, this place is definitely highly recommended!

Aulia Chanifa Haryadiputri

Vadenform

Magangers Muda Batch IX

Siswa SMAN 55 Jakarta