Di Sini Tempatnya Ngunjukin Skill Dagang

0
709

Kumpul-kumpul bareng teman sebaya di BritAmaxHaiDay emang asik. Tambah asik buka booth dagangan yang mewakili sekolah lo di School Market. Lebih dari 20 sekolah  sekolah yang tersebar di Jakarta dan kota-kota sekitarnya buka booth dan ngeksis di HaiDay 2017. Barang yang di jual pun beragam mulai dari makanan sampai tiket pensi sekolah mereka.

Sekumpulan murid-murid dari berbagai macam sekolah sedang meramaikan acara BritamaXHAIDAY (30/4). Dok. Rifki Maulana

Semangat berjualan para peserta School Market patut diacungi jempol loh. Mereka menawarkan barang dagangan mereka dengan cara-cara yang unik dan terkadang nyeleneh. Mulai dari promosi menggunakan alat pengeras suara sampai berjalan-jalan sambil melontarkan pantun-pantun nan lucu. Ada beberapa dari mereka yang sengaja menetapkan suatu tema agar dagangan mereka lebih terlihat serasi. Tentu semua itu mereka lakukan agar dagangan mereka  menarik perhatian dan cepat laku.

“Di booth ini, sekolah gue ngejual makanan dan minuman, abis itu kita juga ada mug gitu” ujar Ardillah Umar asal SMAN 3 Tangerang Selatan. “Rata-rata sih harganya dibawah dua puluh ribu” tambah Ardillah.

Penjunlan MUG di booth SMA 3 Tangerang Selatan. Dok. Rifki Maulana

“Barang yang sekolah gua jual kisaran harganya sih tiga sampai dua puluh ribu,” kata Nadia Syafira saat ditanya. Nadia, mewakili SMAN Al-Kamal Jakarta berharap keuntunggan yang diperolehnya bisa untuk menambah dana acara sekolah. “Kemarin sih udah dapet untung sekitar dua ratus ribuan, lumayan sih” tambahnya.

Harga yang ditawarkan di booth School Market ini terbilang pag bagi kantong pelajar. “Gua milih jajan di School Market emang karena harganya murah dan banyak pilihannya” ucap Aditya Nur Rachman asal SMAN 2 Kota Tangerang.

Ternyata School Market gak Cuma jadi sarana bagi para pesertanya berjualan tetapi juga bersosialisasi dengan murid-murid sekolah lain dan memperkenalkan acara pensi mereka di sini. “Kali ini sekolah gue juga udah mulai ngejualin presale tiket acara sekolah gue” kata Dhasya asal SMA Kolose Gonzaga Jakarta. “Seru banget bisa punya pengalaman ngedekor booth sendiri dan nyiapin barang-barang dagangan” tambahnya.

Bagi sekolah-sekolah yang akan mengadakan pensi di sekolahnya, acara ini juga mereka pergunakan untuk menambah refrensi artis-artis yang akan diundang nantinya loh. “Kebetulan tempatnya asik dan juga deket sama panggung jadi bisa sekalin survei guest star deh” ucap Dhasya. “Asik juga sih gua bisa liat-liat apa sih yang lagi ngetren di kalangan anak sekolah sekarang” ucap Kejog asal SMA Pangudi Luhur. Ada yang menarik nih di boothnya SMA Pangudi Luhur, walau beranggotakan laki-laki semua tapi mereka ngejalaninnya dengan asik. “Tadinya kita jualan es buah, tapi udah abis jadi kita sekarang lagi ngepromosiin acara sekolah kita aja sih ke booth sekolah-sekolah lain” tambah Kejog yang menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS SMA Pangudi Luhur Jakarta.

Tim School Market SMA Panghudi Luhur Jakarta. Dok. Rifki Maulana

Enterprenuer merupakan salah satu dari empat pilar dari gelaran HaiDay yaitu School, Entertaiment, Art  yang membuat acara ini bukan hanya sekedar acara musik biasa. Keterlibatan sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk mengikuti School Market kali ini memberikan warna yang menarik bagi pengunjung juga siswa dan siswi sebagai pelakunya.