Slackline Bukan Olahraga Mainstream

0
566

Lompat-lompat di kasur sih udah biasa, kali ini komunitas Pushing Panda bakalan ngajak lo lompat–lompat di atas tali guys. Eitss.. tenang ini bukan tali biasa kok, tali yang mereka gunakan emang khusus dibuat untuk slackline atau biasa disebut dengan webbing. Selain lentur, tali ini dapat menahan beban hingga 3 ton jadi lo gak usah takut putus waktu lompat-lompat hehe.

Para pemain Slackline yang tergabung dalam komunitas Pushing Panda adalah salah satu kelompok yang memperkenalkan olahraga ini di Indonesia. Mungkin ada beberapa dari kalian yang masih asing mendengar olahraga yang terbilang baru ini di Indonesia. BritAmaxHaiDay mengundang mereka untuk unjuk gigi dalam melakukan gerakan-gerakan memukau di atas tali. Mereka sukses membuat kagum para pengunjung di hari pertama.

Dok. Rifki Maulana

Pushing Panda sudah terbentuk dari tahun 2011, tidak hanya berisikan profesional bagi kalian yang amatir tapi ingin belajar olahraga slackline ini juga bisa ikutan loh. “Rata-rata (orang) sih biasanya 1 bulan latihan udah bisa jalan di atas tali,” ucap Dedeng, salah satu sesepuh di komunitas Pushing Panda.

Bagi para pemula memang permainan ini membutuhkan banyak latihan agar dapat menguasainya, terlebih lagi apabila salah gerakan bisa berakibat cedera fatal loh. “Kita sih kalo main harus di alas dengan kasur bawahnya, biar lebih aman,” tambah Dedeng.

Walau olahraga slackline berisiko tinggi, hal tersebut tidak menyurutkan semengat para atlet slackline atau biasa disebut dengan slackliner untuk terus melakukan gerakan-gerakan di atas seutas tali. Permainan yang membutuhkan keseimbangan ekstra ini memang sangat memacu adrenalin para pemainnya.

Dok. Rifki Maulana

Gerakan  berjalan di atas tali merupakan gerakan dasar yang harus dikuasi terlebih dahulu, lalu bisa dilanjutkan dengan belajar melompat. Bagi mereka yang sudah menguasai dua gerakan dasar tadi dapat memvariasikan gerakan selanjutnya dengan menggabungkan keduanya. Banyak gerakan-gerakan yang dapat mereka ciptakan sendiri dalam olahraga slackline ini.

Alek yang mengaku sudah menjadi salah satu anggota Pushing Panda satu tahun lalu, ia sudah dapat melakukan gerakan seperti 1800 dan 360o.  “Kalo dibilang susah sih engga tapi yang pasti harus banyak-banyak latihan,” kata Alek.

Karena slackline merupakan olahrga yang terbilang baru di Indonesia,  para slackliner  masih mengandalkan barang impor untuk memenuhi kebutuhannya, seperti tali dari Jerman. Tapi hal tersebut tidak menghalangi anak-anak muda tersebut untuk terus berkecimpung di dalam olahraga ekstrem ini.

Pada BritAmaxHaiDay kali ini mereka memang ingin memberikan hal-hal yang baru dan menarik bagi para pengunjungnya. Jadi gak bakalan ngebosenin deh ditambah pula di sini kita juga bisa menyaksikan penampilan dari musisi-musisi gokil.