Kehidupan di Bantargebang

0
731

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang terletak di Kelurahan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Awalnya saya hanya penasaran dengan tempat pembuangan sampah terpadu terbesar di Indonesia ini. Saya mengira TPST Bantargebang ini hanya beberapa tumpukan sampah. Setibanya saya di sana…. Ya ampuuuuun sampahnya banyak banget dan seperti gunung.

Di bawah hanya terlihat tumpukan sampah dan aktivitas bongkar muat sampah saja. Lalu saya naik ke atas bukit sampah. Di atas ternyata isinya pemulung semua. Dan anak-anak pemulung yang bermain di tumpukan sampah.

Setiap harinya sampah yang masuk ke TPST Bantargebang adalah 6.500 ton. Itu sampah dari seluruh wilayah Jakarta. Sebanyak 2.000 ton sampah perharinya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan kompos dan 2.000 ton lainnya dimanfaatkan untuk proyek bersama Pertamina dan Solena. Pada tahun 2013, TPST Bantargebang mendapatkan plakat Adipura loh dengan kategori tempat pemerosesan akhir sampah terbaik dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Berikut foto-foto hasil jepretan saya.

 

(Zenith Halalan, mahasiswa ISI Padangpanjang, Sumbar. Pernah magang di Desk Foto Harian Kompas)