Jurus Berburu Tiket Konser

0
2234

Coldplay menggelar pertunjukan di Singapore National Stadium pada 31 Maret 2017 dan 1 April 2017 lalu. Meski ada dua kali pertunjukan, ternyata susah juga mendapatkan tiket Coldplay. Saya baru berhasil mendapatkan tiket setelah tiga kali mencoba. Inilah beberapa tips bagi para pemburu tiket konser musisi asing.

  • siapkan Koneksi internet yang baik. Pastikan ada tidak sedang streaming, buffering maupun sedang downloading
  • siapkan credit/debit card untuk melakukan transaksi sesuai ketentuan promotor konser
  • karena harus membuat account di website Sporthubtix pastikan kalian terdaftar dengan nama yang sama dengan passport karena ketika keluar negeri passport lah yang menjadi tanda pengenal bukan KTP
  • untuk tiket Coldplay, ada aturan yang hanya membolehkan beli 8 tiket dalam satu kesempatan. Di sinilah yang menjadi salah satu kesalahan bagi yang tidak kebagian tiket. Kebanyakan pemburu tiket langsung memilih banyak tiket. Sedangkan pada sistem mereka apabila kalian memilih mencari 4 tiket, sistem akan mencari ketersedian 4 bangku yang sederet. Sistem banyak yang menolak permintaan jadi tidak akan dilanjutkan pada langkah selanjutnya
  • saya beruntung mendapatkan 3 tiket yang semuanya dilalui dengan proses memilih untuk satu tiket pada setiap kesempatan yang ada. Dari ketiga tiket tersebut saya mendapatkan satu di Cat 8 RV dan dua di Cat 10 RV dan tidak ada yang sederet.

Saya mendapatkan 3 tiket pada pertunjukan kedua ketika dilakukan penjualan tiket untuk pertunjukan pertama. Ketika saya (dan beberapa teman) sudah hilang harapan untuk menonton konser Coldplay di negara yang hanya 40 menit berlayar dari Batam tersebut, Live Nation menambah konser dan juga menjual tambahan kursi kategori Restricted View (RV) pada show tanggal 1 April. Mungkin alasan itu juga saya mendapat 3 tiket tersebut. Pada saat mayoritas calon penonton mencari seat maupun standing ticket di tempat utama, saya mengincar tempat duduk yang terhalang oleh Big Screen di hari yang sudah sold out pula.

Konser Guns N’Roses
Untuk mencari tiket konser Guns N’Roses di Singapura, ternyata 10 kali lebih mudah dibanding Coldplay. Mungkin pasar Guns berbeda dengan Coldplay. Kemungkinan lain adalah show digelar di venue yang sebagian besar penontonnya berdiri (hanya VIP yang dapat tiket duduk). Jadi tidak ada batasan yang pasti untuk membeli tiket. Apabila konser ini berlangsung pada awal 90-an dan sistem ticketing-nya sudah seperti sekarang mungkin saya akan mendapatkan kesulitan yang sama seperti mencari tiket Coldplay.
Untuk Guns saya membeli 5 tiket dalam 3 kesempatan dengan 2 metode pembayaran yang berbeda, berikut cara yang saya pilih:

  • membuat account di Sistic sebagai vendor resmi penjualan tiket yang ditunjuk dari promotor konser.
  • memilih kategori pen B sebanyak 3 tiket dan 3 tiket untuk tiket shuttle bus. Sebagai informasi venue konser GNR ini berada di Changi Expo, lokasi yang jauh dari stasiun MRT, Halte Bus dan taksi. Menurut teman yang sudah pernah nonton konser di venue itu, kami dianjurkan untuk membeli tiket shuttle bus juga.
  • untuk Sistic mereka bekerja sama dengan kartu kredit/debit yang berafiliasi dengan MasterCard sehingga dibebaskan fee penukaran tiket.
  • setelah transaksi beres, saya menemukan bahwa tiket konsernya bisa ditukar di Jakarta. Ternyata Sistic berkerja sama dengan salah satu tour travel yang ada Jakarta. Saya pun langsung menukarkan tiket tersebut dengan menambah 1 tiket tambahan dengan metode pembayaran yang sama. Total 4 tiket saya tukar dengan tambahan fee Rp 50.000 untuk masing-masing tiket. Oh ya saya menggunakan debit card untuk pembayaran.
  • untuk tiket kelima saya langsung beli di tour travel tersebut. Yang dibutuhkan hanya id account Sistic saja. Dan pembayaran menggunakan mata uang rupiah. Dan di sinilah jebakan batman muncul. Memang prosesnya lebih mudah dan cepat, tapi nilai tukar SGD ke IDR menggunakan kurs versi mereka yang lebih mahal dari nilai kurs yang ada.

Sebagai catatan, saya sengaja menukarkan tiketnya di Jakarta daripada di Singapura karena memang saya tidak ingin repot-repot ketika hari H berlangsungnya konser. Saya menghindari masalah seperti kendala bahasa, nilai mata uang, dan lokasi penukaran tiket. Apalagi bila kalian berpergian pada hari yang bersamaan dengan konser, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tetap ada waktu untuk mencari tempat menginap. Usahakan istirahat agar malamnya bisa jingkrak-jingkrak di arena konser.

Penulis: Tikko, Penikmat Konser