Apakah Rumah Anda Membutuhkan Asuransi?

0
625

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya: bagaimana sebuah asuransi bisa memberikan perlindungan atas segala resiko yang mungkin terjadi di masa mendatang? Bagaimana sebuah produk asuransi yang didapatkan dengan membayarkan premi setiap bulannya bisa menghindarkan Anda dari yang namanya kerugian? Bukankah, penggunaannya hanya akan buang-buang uang saja? Tepatnya uang untuk membayar harga premi itu padahal belum tentu ada suatu resiko yang menimpa apa yang Anda diasuransikan itu. Dalam konteks ini, sebut saja rumah.

Anda pasti setuju jika rumah yang selama ini Anda tinggali merupakan sebuah harta yang paling berharga dalam hidup Anda. Lalu, apakah kecintaan atau kesadaran Anda mengenai pentingnya rumah itu belum cukup untuk menyadarkan Anda pula akan pentingnya menggunakan asuransi rumah? Jika ya, mari simak pembahasan berikut ini:

  1. Tanpa asuransi, ada kemungkinan Anda kehilangan tempat tinggal

Di waktu yang akan datang nanti, bisa saja suatu resiko menimpa rumah Anda. Rumah Anda mungkin saja mengalami kebakaran atau terkena bencana tanah longsor atau gempa bumi yang membuat Anda kehilangan rumah Anda. Musibah ini memang tidak pasti, tapi amannya Anda dari musibah itu juga tidak pasti, bukan? Karena tidak adanya sesuatu yang pasti inilah, Anda harus menyiapkan perlindungan atau antisipasi atas segala macam kemungkinan yang buruk yang salah satunya bisa Anda lakukan dengan menggunakan asuransi rumah. Dengan menggunakan asuransi lah, Anda bisa terhindar dari resiko kehilangan tempat tinggal karena kehilangan rumah. Karena, meskipun nanti Anda harus kehilangan rumah Anda, Anda tidak akan kehilangan tempat tinggal karena pihak asuransi akan memastikan Anda bisa mendapatkan tempat tinggal baru.

  1. Kerugian yang besar tanpa asuransi rumah

Jika terjadi suatu resiko pada rumah Anda seperti yang dibilang di atas, bukan hanya Anda bisa kehilangan tempat tinggal, Anda juga bisa mengalami kerugian yang sangat besar. Coba bayangkan, nilai rumah itu sendiri saja sudah cukup besar, bagaimana jika berikut dengan seluruh harta benda Anda di dalamnya? Bagaimana jika Anda harus kehilangan semua itu dalam sekali waktu? Rugi sekali, bukan?

Demianlah dua alasan utama kenapa Anda membutuhkan asuransi rumah untuk pertanyaan “Apakah Rumah Anda Membutuhkan Asuransi?” di atas (judul). Ya, Anda butuh. Anda butuh asuransi untuk menyelamatkan Anda dari kehilangan tempat tinggal, kerugian besar, keterpurukan, kebangkrutan, dan lainnya, akibat resiko yang terjadi pada rumah Anda.

Bukan hanya kebakaran atau bencana alam, pencurian atau perampokan bukanlah suatu resiko pada rumah yang bisa Anda anggap remeh. Angka kriminalitas yang tinggi ini menyebabkan Anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan Anda yang salah satunya bisa dengan menggunakan asuransi untuk perlindungan pada rumah Anda. Sekian.