Bagaimana Cara Memilih Sekolah Penerbangan Secara Tepat

0
963

Menjadi seorang pilot adalah sebuah pencapaian luar biasa karena peran dan tanggung jawabnya itu besar terhadap keselamatan para penumpang. Jangan heran jika jasanya juga dinilai tinggi dan digaji tinggi.

Tersedia banyaknya sekolah penerbangan mulai dari dalam negeri hingga ke luar negeri kerap kali membuat bingung untuk memilih sekolah yang tepat. Pasalnya, melalui pendidikanlah ilmu pengetahuan sebagai seorang pilot bisa terasah secara maksimal sehingga nantinya kemampuan menerbangkan pesawat dengan pandai bisa dipergunakan di lapangan kerja.

Untuk memilih sekolah penerbangan yang tepat itu, ada tiga kiat yang bisa dilakukan, antara lain:

Memiliki Instruktur dan Fasilitas yang Mendukung

pilot-school-in-indonesia
sumber gambar : www.caeoaa.com

Sekolah penerbangan dominan terhadap instruktur dan fasilitas. Sebab instrukturnya yang berpengalaman serta memiliki kesiplinan waktu yang baik akan menjadi pencetak para cadet untuk menjadi pilot yang profesional. Begitu juga dengan fasilitas, seperti pesawat latih dan bandara latihnya yang tersedia sehingga tidak perlu menggunakan pesawat komersial dan menyewa bandara latih yang bahkan bisa memakan banyak waktu. Oleh karena itu, dalam memilih sekolah pilot perlu memastikan instruktur dan juga fasilitasnya agar bisa menjalani pendidikan dengan baik.

Menawarkan Keringanan Biaya

2811_price_for_everyone
sumber gambar : www.airfleettraining.com

Jika biaya menjadi kendala bagi kamu untuk masuk sekolah pilot, tentu sekolah penerbangan yang menawarkan keringan biaya adalah sekolah yang tepat untuk dipilih. Keringanan biaya bisa dari program beasiswa yang ditawarkan, sistem cicilan yang mana biaya pendidikan bisa dibayar 2 hingga 3 kali, atau pinjaman bank di mana sekolah tersebut bekerja sama dengan bank untuk membantu para calon pilot agar bisa menyelesaikan biaya pendidikannya untuk masuk sekolah pilot. Perlu diketahui bahwa tidak semua sekolah penerbangan memberikan kebijakan demikian. Untuk itu, perlu secara gesit guna mengetahui program ini jika ingin memperoleh keringanan biaya.

Terbukti Memiliki Kredibilitas dengan Alumni Berkualitas

sumber gambar : www.caeoaa.com
sumber gambar : www.caeoaa.com

Banyak sekolah penerbangan di indonesia yang menawarkan semilyar iming-iming dalam mencetak para calon pilot yang kelak akan menjadi seorang pilot yang berkualitas sehingga bisa langsung bekerja di maskapai penerbangan. Namun, jangan mudah tergiur dengan iming-iming tersebut. Intinya adalah diperlukannya bukti bahwa sekolah tersebut telah berhasil menciptakan pilot yang memang terbaik dan telah banyak yang diterima bekerja di berbagai maskapai penerbangan.

Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa membuka profil pilot yang sudah bekerja. Biasanya mereka menampilkan nama sekolah di mana tempat mereka menggali ilmu pengetahuan dan juga melatih kemampuan. Dalam hal ini, pilihlah sekolah pilot yang sudah berhasil mencetak alumni (yang sudah bekerja) karena hal tersebut merupakan gambaran bagi para calon pilot untuk meniti karier kelak.

Salah memilih sekolah penerbangan tidak hanya membuat boncos keuangan, tetapi juga terhambatnya pendidikan. Bagaimana tidak, jika ingin pindah sekolah selain biaya pendidikan yang tidak dapat dikembalikan, juga masa pendidikan menjadi relatif lama karena perlu beradaptasi dari awal. Perlu diketahui bahwa tidak sedikit para calon pilot memilih untuk pindah sekolah karena pendidikan yang dijalani tidak memuaskan. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang matang jika ingin memilih sekolah pilot, baik itu dari segi kemampuan fisik, otak, materi, maupun sekolah penerbangan itu sendiri supaya bisa menjadi seorang pilot yang berkualitas dan membanggakan keluarga.