Gunakan Deterjen Laundry Sesuai Mesin Cuci Anda

0
4715

 

Gunakan Deterjen Laundry Sesuai Mesin Cuci Anda

Rinso.co.id –  Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa jenis mesin cuci yang berbeda akan membutuhkan deterjen yang berbeda pula. Terutama untuk usaha laundry, di mana deterjen laundry untuk mesin cuci bukaan atas atau top load akan berbeda dengan deterjen pada mesin cuci bukaan depan atau front load. Hal ini terkait karakteristik dari kedua mesin cuci tersebut yang menjadikannya membutuhkan deterjen yang berbeda-beda. Mesin cuci sendiri digunakan dalam bisnis laundry karena menjamin hasil cuci yang bersih serta cepat sehingga akan lebih memuaskan konsumen apabila dibandingkan dengan mencuci menggunakan tangan atau secara manual.

Jenis mesin cuci yang pertama adalah mesin cuci top loading atau bukaan atas. Kelebihan dari penggunaannya adalah harganya relatif murah, dapat difungsikan sebagai ember perendaman serta kita dapat menambahkan pakaian kotor ketika proses pencucian tengah berlangsung. Sementara kelemahannya adalah memiliki putaran rpm yang lebih kecil dari mesin cuci jenis front loading sehingga waktu pencucian yang dibutuhkan akan lebih lama. Selain itu, mesin cuci top loading juga cenderung makan tempat karena tidak bisa ditata secara bertumpuk. Pemakaian bahan kimia harus dimasukkan manual, tidak terdapat menu mencuci dengan air panas serta tidak terdapat pengaturan rpm. Kelemahan lain adalah daya putarnya lemah sehingga hasil cucian menjadi kurang bersih. Deterjen laundry yang dibutuhkan untuk mesin cuci top loading adalah yang tingkat deterjensinya tinggi.

Yang kedua adalah jenis mesin cuci front loading atau bukaan depan. Kelebihan dari mesin cuci jenis ini adalah terdapat pengaturan rpm atau daya putar serta temperatur pencucian. Selain itu, mesin cuci juga bisa ditata secara bertumpuk sehingga akan menghemat ruang dalam mencuci. Namun kekurangannya, mesin cuci ini memiliki harga yang lebih mahal, daya listrik yang lebih besar daripada jenis top loading serta seringkali masih terdapat sisa surfaktan dari deterjen laundry yang menempel pada pakaian. Dibutuhkan deterjen dengan tingkat deterjensi yang rendah namun tinggi enzim serta alkali agar proses pencucian tetap maksimal.

Mesin lain yang biasanya juga digunakan dalam usaha laundry kiloan adalah mesin pengering. Mesin ini bisa mengeringkan pakaian dengan cepat serta lebih higienis daripada harus menjemur pakaian di bawah matahari. Pemilihan mesin serta deterjen laundry harus dilakukan secara cermat karena menyangkut kelangsungan usaha. Salah satu merk deterjen khusus laundry yang bisa kita gunakan adalah Rinso. Rinso terutama terkenal sebagai produk deterjen yang mampu menghilangkan noda secara maksimal sehingga proses pencucian dapat berlangsung lebih cepat. Selain itu, tersedia pula varian Rinso untuk kedua jenis mesin cuci yang berbeda, sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Demikian informasi terkait mesin cuci yang biasa digunakan untuk usaha laundry.