Kenali Berbagai Macam Jenis-jenis Pompa

0
2873

Hampir semua orang sudah tahu tentang apa itu pompa, terutama yang namanya pompa air. Alat ini selalu ada di hampir setiap rumah di Indonesia yang berguna untuk mengalirkan air ke rumah-rumah. Namun pompa air ini hanyalah sebagian dari jenis-jenis pompa yang ada di dalam dunia industri dan teknologi.

Pompa sendiri memiliki fungsi untuk memindahkan suatu zat dari satu lokasi ke lokasi lain lewat gaya tekan pada zat tersebut. Gaya tekan ini yang kemudian berhasil melewati friksi/hambatan (seperti beda ketinggian), sehingga zat bisa berpindah. Hal ini bisa terjadi horizontal atau vertikal. Inilah kenapa pompa menjadi solusi untuk memindahkan air dan benda cair lainnya. Contoh sederhananya adalah pompa air di sumur yang mengalirkan air ke rumah-rumah warga, ataupun pompa untuk mengalirkan air ke sawah-sawah.

Adapun jenis pump Indonesia yang biasanya dipakai antara lain adalah:

  1. Pompa sentrifugal

Pompa hidrolik yang biasanya dipakai di kilang minyak. Prinsip kerjanya mengubah energi dari kecepatan cairan menjadi energi yang potensial lewat impeller di dalam casing. Inilah yang membuat daya sentrifugal.

  1. Pompa desak

Atau positive displacement pump. Jenisnya sendiri ada 2, yaitu reciprocating pump (mengubah energi mekanis jadi energi potensial lewat cairan yang berpindah via crank yang mendorong piston) dan rotary pump (perpindahan dilakukan dengan berotasi di dalam casing).

  1. Jet pump

Mendorong cairan dari tempat yang dalam ke atas. Konstruksi yang dimiliki sangat sederhana, sehingga penggunaannya juga terbatas.

  1. Air lift pump

Pompa ini bekerja lewat aksi yang terjadi dari campuran antara gas dan cairan.

  1. Pompa elevator

Pompa yang mengangkat zat dari tempat lebih rendah ke lebih tinggi lewat roda timah ataupun archimedean screw.

Masih banyak lagi jenis-jenis pompa yang ada dan digunakan dalam industri maupun kehidupan sehari-hari. Anda bisa menemukan banyak jenis pump Indonesia yang diperlukan di PT Winston Indonesia. Tidak hanya pompa saja, namun juga bagian-bagian penting di dalamnya beserta sparepartnya.

Baca Juga Artikel Terkait : Trik Singkat Agar Pompa Air Hemat Listrik dan Lebih Efisien