Liburan Produktif, Kenapa Tidak?

0
1030

TANGERANG, KOMPAS CORNER – Masa liburan memang masa yang paling dinanti-nanti oleh semua orang. Mulai dari anak sekolah dasar, mahasiswa, hingga pekerja juga tidak luput dari euforia menjelang liburan. Tak jarang, rencana liburan telah disusun dari jauh-jauh hari. Entah itu untuk mengunjungi destinasi wisata impian, pulang ke kampung halaman, atau sekadar menikmati waktu luang di rumah.

Liburan memang identik dengan aktivitas santai yang dapat melepas penat. Namun, liburan akan jauh lebih bermakna jika mampu mengasah kembali tingkat produktivitas sebelum kembali pada rutinitas harian. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitasmu sambil menanti rutinitas itu kembali :

  1. Geluti hobi yang lama terabaikan

Kalian gemar membaca? Gemar menata kebun kecil di depan rumah? Mungkin juga ada di antara kalian yang gemar memasak dan bermain alat musik. Liburan ialah saat yang tepat untuk menggeluti semua hobi kalian. Jangan ragu juga untuk mencari informasi tambahan seputar hobimu, baik dari buku, majalah, maupun Internet. Selain bisa melepas penat dan memompa kembali semangatmu, keahlianmu juga turut terasah lho!

  1. Mengikuti kursus yang diinginkan

Tak jarang kamu melihat iklan di media sosial perihal kursus yang menarik minatmu. Sebut saja kursus bahasa asing, merajut, atau bahkan kursus mengemudi. Inilah saatnya untuk mengikuti kursus-kursus itu. Bagi kalian yang hendak mengikuti kursus tanpa mengeluarkan biaya kursus sepeserpun, kursus bebas biaya di Internet bisa jadi alternatif yang layak kalian coba guys! Beragam kursus mulai dari kursus bebas biaya sampai dengan kursus berbayar juga tersedia lengkap di Internet guys!

  1. Mengikuti program magang

Magang bisa jadi salah satu cara efektif dalam mengisi waktu liburan bagi kalian yang menyandang status sebagai mahasiswa. Kapan lagi bisa terjun langsung ke dunia kerja dan mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah? Carilah perusahaan besar atau perusahaan start-up yang membuka program magang selama liburan. Dijamin liburanmu akan jauh lebih bermakna.

  1. Melancong tak jadi alasan untuk berhenti produktif

Tak hanya mampu mengusir penat, berpergian ke tempat wisata bisa jadi ajang untuk memacu kreativitas dan produktivitasmu lho guys! Pengalaman serta informasi yang diperoleh selama berwisata dapat dituangkan ke dalam artikel khusus yang mengulas tempat wisata alias travel story. Travel story yang kalian tulis bisa kalian muat sendiri di blog pribadi ataupun dipublikasikan di aplikasi storyteller. Bagi kalian yang belum mahir menulis, jangan khawatir guys! Keindahan panorama yang tertuang di dalam foto yang kalian dapatkan juga bisa kalian unggah di blog pribadi. Sejarah ataupun fakta unik seputar destinasi wisata yang diulas akan sangat memperkaya konten tulisanmu guys, so jangan lupa untuk mencantumkan informasi tersebut ke dalam artikelmu.

  1. Mulai berwirausaha

Selama liburan, kalian juga bisa jadi entrepreneur handal kok! Skill dan ketekunan yang dimiliki bisa kalian olah untuk menghasilkan karya yang bisa dijual. Selain itu, kalian bisa menyuguhkan jasa atas skill yang kalian miliki. Menjual pernak-pernik, menjadi reseller, desainer website atau menjadi apa saja sesuai dengan skill kalian guys! Tentunya, selama hal tersebut masih halal dan memungkinkan bagi kalian.
Terbukti kan liburan bukan penghalang untuk tetap produktif? Yuk, manfaatkan waktu luang ini sebaik-baiknya sebelum berakhir! Selamat berlibur!

 

Penulis : Monica Devi Kristiadi

Sumber: Pengalaman pribadi, IDNtimes

Sumber foto :aws-dist.brta.in

Editor : Editorial Kompas Corner UMN