ANTrepreneur: Berguru pada Semut

0
998

TANGERANG, KOMPAS CORNER – Menjadi pengusaha muda dengan keuntungan melimpah ruah seakan menjadi tujuan hidup bagi mahasiswa masa kini. Berbekal dari kisah sukses para entrepreneur muda, semangat mahasiswa untuk memulai bisnis seakan terpantik.

Beberapa waktu silam penulis sempat membaca buku Die Hard ANTrepreneur yang ditulis oleh seorang figur pengusaha muda, Nicholas Kurniawan. Di usia yang masih terbilang hijau, alumnus Prasetya Mulya ini berhasil mengukuhkan namanya sebagai eksportir ikan hias termuda Indonesia dan pengusaha di bidang properti.

Dalam buku setebal 191 halaman, Nico sempat menjabarkan alasannya memilih semut sebagai judul buku sekaligus panutan hidupnya. Lantas, mengapa semut? Bukankah semut selama ini dikenal sebagai mahluk hidup yang terlihat kecil dan lemah?

Semut memang sering kali dipandang sebelah mata. Sekali injak, remuk sudah tubuhnya. Semut bahkan kerap kali dianggap sebagai serangga penggangu. Padahal, dibalik semua itu semut memiliki kekuatan serta semangat yang tak terbendung. Hanya saja, masih belum banyak orang yang menyadari akan hal itu. Pasti kalian pernah melihat semut membawa butiran nasi ataupun potongan kue yang jatuh, bukan? Seringkali pula semut mengangkut makanan dengan ukuran dan berat yang lebih besar dibanding tubuhnya. Pernahkan kalian menyadari hal sekecil itu? Selain mampu mengangkut beban yang lebih besar, semut juga sanggup membawa makanan tersebut hingga ke sarangnya, dimana jarak yang ditempuh bisa jadi sangat jauh.

Saat terjatuh dari ketinggian pun, semut tak lantas berdiam diri begitu saja. Dengan gesit ia langsung bangkit dan kembali melanjutkan perjalanannya. Tak peduli siapapun yang mencoba merebut makanannya ataupun menjatuhkannya berkali-kali, ia tetap bangkit dan berjuang, bahkan menggigit jika diperlukan. Gigitan semut yang kecit dapat menyebabkan mahkluk sebesar manusia kesakitan, bukankah itu pencapaian yang luar biasa?

Sebagai calon pengusaha muda, kualitas diri seperti inilah yang seharusnya mampu diterapkan pada setiap individu. Berjuang untuk meraih impiannya, walau dijatuhkan dan diremehkan berkali-kali. Tidak hanya itu, sifat semut yang rajin, setia kawan serta kekeluargaan juga tak kalah penting. Semoga dengan mencontoh perilaku baik dari sang semut, kelak semakin banyak pula pengusaha muda berbakat bermunculan di Indonesia. Jadi, sudah siapkah kalian untuk memperjuangkan kesuksesan?

 

Penulis : Monica Devi Kristiadi

Sumber : Kurniawan, N. (2014). Die Hard ANTrepreneur. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sumber Foto : cp.jurnalhajiumroh.com

Editor : Editorial Kompas Corner UMN