MELLY GOESLAW: Patuh Skenario

0
1253

Empat belas tahun lalu, Melly Goeslaw (42) membuat hati banyak remaja Indonesia ”meleleh” lewat lagu ”Tentang Seseorang”, ”Bimbang”, dan ”Ada Apa dengan Cinta”. Bersama suaminya, Anto Hoed, ia memproduseri lagu-lagu itu sebagai pengiring film Ada Apa dengan Cinta (AADC). Kini, mereka diajak lagi untuk mewarnai sekuel film sukses itu.

”Yakin bisa mengulang kesuksesan (album soundtrack AADC) sebelumnya,” kata Melly dalam acara peluncuran album AADC 2 di Jakarta, Rabu (20/4). Album ini berisi delapan lagu. Dua di antaranya adalah racikan baru dari album di film bagian satu dulu, yaitu ”Bimbang” dan ”Suara Hati Seorang Kekasih”.

Melly mempertahankan tradisinya dalam membuat soundtrack lagu, yakni mengajak penyanyi baru. Dulu, Melly berduet dengan biduan anyar Eric. Kini, giliran penyanyi bernama Martinho Lio berduet dengannya dalam lagu ”Ratusan Purnama”. Lagu itu, ujar Melly, menggambarkan rentang waktu perpisahan antara Cinta dan Rangga, dua karakter utama AADC.

Melly dan Anto mengerjakan lagu-lagu itu sejak Desember selama sekitar tiga bulan. Mereka menyimak skenario dan hasil shooting-nya. ”Saya baca skenarionya berulang-ulang sampai hafal. Saya memang penikmat skenario. Kadang-kadang, saya lebih hafal skenario daripada pemainnya, he-he-he,” kata Melly.

Tak seperti membuat lagu untuk album lepas, Melly tak boleh terlalu mengkhayal dalam mengarang lagu. ”Khayalan enggak boleh ke mana-mana. Untuk lagu soundtrack, (kami) harus patuh pada skenario serta keinginan produser dan sutradara,” ucapnya.

Melly membuat banyak lagu soundtrack untuk film-film laris Indonesia, seperti Habibie & Ainun serta Ketika Cinta Bertasbih. Saking banyaknya, Melly pernah menggelar konser tunggal khusus menyanyikan lagu soundtrack pada tahun 2013. Luar biasa!

(Herlambang Jaluardi)


 

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 23 April 2016, di rubrik “Nama & Peristiwa” halaman 32