5 Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Berkendara

0
2868

SERPONG, KOMPAS CORNER — Pernah memperoleh surat tilang saat berkendara? Atau pernah mengalami kejadian tak menyenangkan lainnya seperti mogok? Duh, jangan sampai kejadian tersebut terulang hanya karena kelalaian kita semata guys! Sebelum pergi ke medan perjalanan, ada baiknya kita mengecek kondisi kendaraan yang akan kita kemudikan terlebih dahulu. Faktanya, masih banyak sekali orang yang tidak mempersiapkan kondisi kendaraannya secara optimal sebelum berkendara. Berikut beberapa tips berkendara yang bisa kamu terapkan sebelum memulai perjalanan :

  1. Pastikan kamu sudah membawa surat-surat kendaraan dengan lengkap, seperti SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sebelum kamu meninggalkan rumah. Pastinya, Komcorian gamau dong ditilang hanya karena lupa membawa surat-surat penting tersebut.
  2. Mengecek persediaan bahan bakar juga sangat diperlukan loh guys. Alangkah baiknya lagi jika pengisian bahan bakar dilakukan ketika jumlah bahan bakar yang tersisa hanya setengah dari total bahan bakar. Persiapan bahan bakar ini dirasa sangat penting, agar esok harinya kamu tak membuang waktu kembali untuk mengisi bahan bakar dan mampu sampai ke tujuan dengan tepat waktu.
  3. Pengecekan lampu kendaraan juga tidak kalah pentingnya, terutama bagi kendaraan roda dua yang memang diwajibkan untuk menyalakan lampu saat berkendara. Selain itu, lampu juga sangat berguna untuk memperluas pandangan kita saat kondisi perjalanan gelap. Pastikan juga lampu sen berfungsi dengan baik.
  4. Tekanan angin ban juga harus di pastikan loh, sangat dihimbau bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat untuk melakukan pengecekan tekanan angin bannya. Pastinya Komcorian gamau dong ban kendaraannya kempes ditengah jalan.
  5. Yang terakhir adalah kaca spion. Komcorian harus memperhatikan jarak pandang yang optimal agar dapat berkendara dengan lancar.

Sekian dulu tips berkendara dari saya. Kira-kira, dari tips di atas mana tips yang belum kamu terapkan guys? Yuk, terapkan dari sekarang!

 

Penulis : Kevin Giovanni Layandro
Sumber foto : assets.kompas.com
Editor : Editorial Kompas Corner