6 Tips Trik Aman dan Nyaman Ikuti Java Jazz Festival

0
1036

JAKARTA — Suasana antusiasme, dan euforia mulai terlihat saat gerbang utama festival Java Jazz Indonesia dibuka pada Sabtu (5/3) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Sejak pukul 15.30, sebagian besar penonton telah memadati pintu utama festival. Tak hanya datang lebih awal, beberapa dari mereka juga menyempatkan diri untuk mengunjungi booth merchandise pernak-pernik idola mereka. Agar semangat dan antusiasme tersebut tetap terjaga selama mengikuti perhelatan Java Jazz terbesar di Indonesia, dibutuhkan beberapa tips trik khusus bagi para penonton untuk tetap mengikuti pementasan festival dengan aman dan nyaman. Berikut beberapa tips trik yang bisa diterapkan selama festival berlangsung :

  1. Simak rundown dan tentukan konser yang akan diikuti
    Menyimak rundown mungkin bagi sebagian orang terdengar hal yang “biasa”. Namun, memperhatikan rundown bisa menjadi hal yang cukup penting. Apalagi mengingat adanya penampilan beberapa musisi pada saat yang bersamaan di tempat (stage) yang berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya bagi penonton untuk menyimak rundown terlebih dahulu di situs resmi Java Jazz Festival (javajazzfestival.com) dan buatlah perencanaan dengan baik dalam menentukan pertunjukkan musisi yang akan disaksikan.
  2. Bawalah barang seperlunya
    Jangan membebani tubuh dengan membawa barang bawaan yang terlampau banyak di dalam tas. Pasalnya, festival Java Jazz berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan akan menguras banyak tenaga. Sebaiknya, cukup bekali diri dengan barang-barang yang diperlukan saja. Tas selempang atau tas ransel mungil mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang pas dalam membawa barang bawaan seperti dompet, smartphone, air mineral, dan lain sebagainya.
  3. Bawa dan gunakan smartphonemu dengan bijak
    Di jaman yang serba modern ini, membawa smartphone bagi sebagian orang mungkin merupakan sebuah kewajiban. Hal ini sah-sah saja selama keberadaan smartphone tersebut tidak mengusik kenyamanan orang lain di sekitarnya.Tidak menggunakan selfiestick dalam mengambil gambar melalui smartphone mungkin bisa dijadikan opsi untuk tetap menjaga suasana nyaman bagi para penonton lainnya.
  4. Hindari untuk membawa makanan dari luar
    Sebelum memasuki gedung JIExpo, setiap penonton festival akan diperiksa secara ketat oleh petugas keamanan. Semua penonton juga tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman dari luar. Untuk itu, penonton bisa membeli makanan yang dijual di dalam lokasi ataupun menyantap makanan terlebih dahulu di luar sebelum pertunjukan dimulai.
  5. Patuhi peraturan festival yang berlaku
    Semua penonton tidak diperkenankan untuk membawa kamera tablet, tripod, monopod ataupun selfiestick, handycam, serta tidak diperbolehkan untuk merekam pertunjukan yang tengah berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga suasana pertunjukan, agar tidak menggangu kenyamanan penonton. Sebagai gantinya, penonton tetap diperbolehkan untuk membawa kamera digital ataupun kamera saku. Ketika pertunjukan berlangsung, penonton juga dilarang menggunakan flash saat tengah mengabadikan momen sang idola.
  6. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan pribadi
    Mengingat durasi yang cukup panjang, maka mempersiapkan obat-obatan pribadi sebelum pertunjukan dimulai bisa menjadi hal yang cukup penting. Pastikan tubuh dalam kondisi prima dan fit agar bisa menikmati rangkaian acara Java Jazz sampai akhir dengan penuh semangat.

Sudah tau tips triknya? Kini saatnya kamu untuk menerapkan tips trik diatas supaya rangkaian acara Java Jazz dapat diikuti dengan baik hingga akhir!

 

Penulis : Elisabeth

Fotografer : Errend Cavalera