Kisah Manis Dibalik Hijrahnya Pak Roger Ke Tanah Suci

0
1047

SERPONG — Apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai. Sepenggal kalimat tersebut rasanya sangat pas untuk menggambarkan manisnya kisah yang dialami oleh seorang pedagang asongan yang berjualan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Cecep Hidayatullah. Kini, pria yang akrab disapa dengan Roger mampu mewujudkan cita-citanya, yakni menunaikan ibadahnya sampai ke tanah suci Mekkah dan Madinah. Berangkatnya Roger ke tanah suci tentunya tak terlepas dari kesuksesan penggalangan dana melalui situs donasi dan penggalang dana (fundraising) yakni Kitabisa.

Mungkin masih ada sebagian masyarakat di Indonesia yang belum mengenal keberadaan situs fundraising ini sendiri. Namun, dampak yang dihasilkan oleh situs fundraising dirasa cukup besar dan “nyata”, terutama dalam pendanaan kegiatan sosial ataupun kegiatan realisasi ide bisnis. Salah satu situs fundraising yang terbilang cukup sukses di tanah air ialah Kitabisa (Kitabisa.com).

Perjalanan Roger menuju tanah suci bermula dari seorang mahasiswi IPB, Tasya Amanda, yang berinisiatif untuk mewujudkan impian seorang bapak yang berprofesi sebagai penjualan pulsa keliling. Inisiatif untuk menggalang dana tersebut kemudian dituangkan ke dalam situs Kitabisa, dan akhirnya mendapatkan sambutan yang hangat dari para donatur.

Mulanya, target awal yang ditetapkan untuk perjalanan ke umroh sebesar Rp 40.000.000. Namun, berkat inisiasi dari Alumni BEM fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB dan niat baik para donatur, ternyata hasil donasi sampai pada (1/3) mencapai angka yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan target sebelumnya, yakni Rp.126.959.263, yang semuanya diperoleh dari 1.128 donatur.

“Alhamdulillah, saya ngga nyangka ternyata responnya secepat ini, dalam waktu 24 jam pertama aja sudah tercapai target 100%, sekarang udah lebih-lebih,” ujar Tasya saat diwawancara oleh tim Kitabisa.com.

Meskipun target awal telah terpenuhi, namun penggalangan dana masih akan berlanjut hingga Rabu (9/3). “Kelebihan dana yang terkumpul akan kami gunakan untuk biaya umrah, tabungan haji serta modal tambahan usaha untuk beliau. Inshaa Allah ini menjadi ladang amal bagi kita semua”, ujar Tasya.

Tingginya perolehan nominal donasi tersebut tentunya tidak terjadi secara kebetulan. Pengetahuan agama yang sering Roger bagikan kepada banyak orang, termasuk para mahasiswa, dosen, karyawan kantin, dan orang di sekitarnya membuat pria ini dikenal dan akrab oleh banyak orang.

“Semakin banyak orang yang ditemui, maka inshaa Allah semakin banyak yang dihitung jadi amal sama Allah”, ujar Roger. Ia juga sempat bercerita mengenai tujuan hidupnya yakni ingin menjadi orang yang bermanfaat.

Dalam wawancara di sebuah stasiun televisi swasta, Roger juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam penggalangan dana ini. “Semoga Allah membalas para donatur dengan pahala yang berlipat-lipat”, ungkap Roger.

 

Penulis : Elisabeth

Sumber : Kitabisa.com, bintang.com, atjehpost.com

Foto : atjehpost.com