MAUDY AYUNDA: Lamunan karena Macet

0
1213

Situasi lalu lintas Jakarta yang hampir selalu macet memberi inspirasi penyanyi Maudy Ayunda (21) menciptakan lagu baru bertitel ”Jakarta Ramai”. Kala macet, Maudy ternyata memperhatikan dan bertanya-tanya tentang apa saja yang dipikirkan.

”Lagu ini lamunan orang yang tengah terjebak kemacetan. Apakah lamunan itu sama dengan lamunan orang lain atau orang justru merasa sepi dalam keramaian,” kata Maudy saat peluncuran lagu tersebut di Jakarta, Jumat (8/1).

Maudy yang suka menulis lagu sejak SMP  itu mengakui, tiap kali gundah dan galau ia tergerak untuk menulis dan mencurahkan isi hatinya dalam bentuk lagu. ”Bagi saya, lagu adalah curhat dan menuangkan emosi. Ketika galau, saya langsung ambil gitar,” ujar Maudy yang saat ini sedang liburan musim dingin dari kuliahnya di Oxford, London.

Lagu ”Jakarta Ramai” tercipta saat Maudy bekerja magang di Jakarta. Bersama jutaan warga Ibu Kota lain, Maudy pun merasakan kemacetan di Jakarta kala berangkat ke kantor dan pulang ke rumah.

”Lagu ini tercipta Agustus lalu dan proses rekaman selesai sebelum  saya balik ke Inggris,” tutur Maudy, yang berambisi menyelesaikan kuliah pertengahan tahun ini. Rekaman  album baru menurut rencana juga setelah Maudy merampungkan  studinya.

(Ida Setyorini)


Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 9 Januari 2016, di halaman 32 dalam rubrik “Nama & Peristiwa”