Komodifikasi : Perjalanan Sejauh Mata Memandang

0
2012

Label Sejauh Mata Memandang merayakan perjalanan berkarya satu tahun di industri mode dengan menampilkan kreasi terbaru sekaligus pameran tekstil, instalasi kain, dan kolaborasi fotografi dengan Davy Linggar, Jumat (27/11). Rangkaian karya terbaru bertajuk ”Algae” ini dipamerkan bersamaan dengan pembukaan A.P.A, sebuah alternative public artspace yang digagas oleh Art Dept dan Future 10, pada 27 November-13 Desember 2015 di Plaza Indonesia, Jakarta.

Seri ”Algae” memiliki kekhasan motif berupa kotak-kotak yang terinspirasi dari sekumpulan alga atau rumput laut yang dilihat dari ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut. Seperti juga koleksi pertama (dengan motif noodle bowl), koleksi terbaru ini masih tetap menggunakan teknik batik. Gambar atau motif modern diaplikasikan di atas kain katun dan katun sutra.

Sejauh Mata Memandang yang didirikan Chitra Subyakto dan Arya Dipa fokus pada pengembangan motif-motif kain yang terinspirasi dari kekayaan alam dan budaya Indonesia. Semua hasil tekstil dibuat dengan tangan menggunakan pewarna aman dan alami yang terbuat dari tanaman dan mineral. Ketidaksempurnaan yang tercipta dari buatan tangan justru membuat produk ini unik dan akan terus menjadi salah satu karakter utama Sejauh Mata Memandang.

(MYR)

Foto:

DAVY LINGGAR PHOTOGRAPHY

Versi cetak artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 29 November 2015, di halaman 21 dengan judul “Komodifikasi : Perjalanan Sejauh Mata Memandang”