Dua bintang pop masa kini, Taylor Swift dan Nicki Minaj, akhirnya rujuk saat keduanya secara tiba-tiba tampil bareng di panggung MTV Video Music Awards 2015, Minggu (30/8) malam. Mereka berpelukan setelah menyanyikan lagu  milik Nicki ”The Night is Still Young”.

Seperti dilansir Time, Nicki mengumumkan kepada khalayak bahwa ia akan tampil di penghargaan video musik tahunan itu sepekan lalu. Sementara kemunculan Taylor adalah kejutan. Mereka berdua juga menyanyikan potongan tembang ”Bad Blood” milik Taylor.  Keduanya tampil dalam balutan pakaian glamor ala Broadway bernuansa merah.

Perseteruan mereka dimulai sejak Juli silam melalui media sosial Twitter. Nicki mengkritik MTV karena tidak memasukkan video klip lagunya ”Anaconda” pada kategori Video of the Year. Menurut Nicki, hal itu menunjukkan masih ada rasisme dalam ranah pop.

Taylor menanggapi kritikan itu sebagai serangan personal dan menuduh Nicki berusaha mengadu sesama perempuan. Beberapa saat kemudian, Taylor meminta maaf setelah tanggapannya dikecam banyak orang.

Pembawa acara MTV Music Awards 2015, Miley Cyrus, sempat melontarkan komentar yang justru memanaskan percekcokan itu. Miley menuduh Nicki memulai ”perang bintang pop”. Di panggung kemarin, Nicki dan Taylor berpelukan sembari berbagi senyuman.

Video ”Bad Blood” dari Taylor Swift memenangi piala berwujud astronot itu untuk kategori paling bergengsi Video of the Year. Sementara Nicki Minaj kebagian piala untuk kategori Best Hip-Hop Video. Miley Cyrus tak dapat apa-apa.

(Herlambang Jaluardi)


Versi cetak artikel ini terbit di rubrik ‘Nama & Peristiwa’ harian Kompas edisi 11 Agustus 2015, di halaman 32