Satir Kepalsuan Pentas Politik

0
945

Seorang bocah yatim meruntuhkan kepalsuan perilaku orang di pentas politik. Itulah satir dari film drama komedi musikal Annie arahan Will Gluck yang dibintangi bintang bocah Quvenzhané Wallis sebagai tokoh Annie dan aktor kawakan Jamie Foxx sebagai politisi bernama Will Stacks.

Dengan cara komedik, Annie memotret wajah-wajah palsu, kelakuan serba direkayasa dari orang-orang di pentas politik. Bahasa paling populer dan paling latahnya adalah pencitraan yang sungguh menjijikkan. Annie bocah penghuni rumah yatim piatu menjadi korban dari perilaku politisi yang serba artifisial itu.

Will Stacks saudagar di bidang telekomunikasi mencalonkan diri sebagai wali kota New York. Ia menyewa konsultan politik Guy (Robert Cannavale). Stacks didampingi oleh asisten cantik Grace (Rose Byrne), dan pengawal kekar Nash (Adewale Akinnuoye-Agbaje). Mereka merancang segala sesuatu yang diperlukan oleh seorang calon wali kota agar terkesan sebagai tokoh yang welas asih, manusiawi, beradab, dekat kepada warga, peduli, penuh perhatian kepada rakyat.

Sekali peristiwa, secara kebetulan Stacks menyelamatkan Annie dari bahaya. Perilaku spontan dan tulus itu kemudian dieksploitasi sebagai komoditas politik yang dianggap mempunyai nilai politis yang tinggi bagi calon pemimpin. Begitu seterusnya seorang bocah dieksploitasi untuk kepentingan mendongkrak citra seorang politisi.

Film ini tidak jatuh dalam pengiba-ibaan seorang anak yatim piatu. Sutradara Will Gluck tidak mengumbar air mata, tetapi justru membuka ruang haru pada adegan-adegan seorang bocah yang hidup di kota besar di bawah asuhan Ibu Panti yang suka mabok bernama Hannigan (Cameron Diaz). Annie diposisikan sebagai hero yang dengan segala kepolosannya mengubah sikap seseorang. Politisi itu diajarinya untuk memandang manusia bukan sebagai alat politik.

Komedi Musikal

Annie diangkat dari drama musikal Broadway yang digelar pertama pada 1977 dengan musik garapan Charles Strouse. Musikal itu berbasis pada komik karya Harold Gray. Lagu yang kemudian populer di luar pentas adalah ”Tomorrow” dan ”It’s the Hard Knock Life”. Sejak itu Annie pernah dibuat dalam film televisi pada 1999 dan versi layar lebar pada 1982 dengan judul sama Annie. Di belakang Annie versi 2015 ini ada nama Will Smith sebagai produser.

Sebagai film musikal, Annie mengajak para pemeran untuk bernyanyi termasuk Cameron Diaz, Rose Byrne, dan Robert Cannavale yang bukan penyanyi. Menarik melihat mereka memperlakukan nyanyian, juga tarian, sebagai bagian tak terpisahkan dari seni proses berolah peran. Dalam nyanyian dan cara mereka bernyanyi terasa elemen komedik. Ada sisa-sisa gaya panggung musikal, yang dialihkan dengan koreografi cerdik ke layar lebar. Annie menjadi satir yang gembira atas perilaku busuk politisi.

Annie

Sutradara: Will Gluck | Produser: Will Smith | Musik: Charles Strouse | Pemeran: Quvenzhané Wallis, Jamie Foxx, Rose Byrne, Bobby Cannavale, Cameron Diaz | Produksi: Village Roadshow Pictures/Columbia Pictures

Frans Sartono