Mantappu Mendukung “Creator Economy” Berkembang di Industri Kreatif

0
248

Mantappu Corp. yang merupakan perusahaan Talent Management Internasional baru saja merayakan ulang tahun ke-2 pada Jumat (18/8/2023). Perusahaan yang didirikan oleh Jehian Sijabat ini dikenal dengan talent yang memiliki banyak penggemar mulai dari Jerome Polin hingga Turah Parthayana. Perayaan ini dihadiri oleh media, mitra brand, para talent, hingga tamu VIP lainnya. 

Jehian Sijabat selaku CEO Mantappu Corp. menceritakan tujuan didirikan perusahaan itu adalah untuk menopang ide bisnis untuk tiap orang. “Jadi mimpi kita, we want to empower Indonesia’s creator economy,” ucap Jehian saat ditemui di perayaan ultah ke-2 Mantappu Corp. di daerah Kuningan, Jakarta Selatan (18/8).

Lebih lanjut, Jehian menjelaskan creator economy yang dimaksud bukan hanya orang yang membuat konten di media sosial melainkan juga mereka yang membuat apapun di berbagai sektor industri. “Di Mantappu Corp. kami menyadari bahwa creator economy is more than content creating, ada hal-hal di berbagai macam industri dan hal-hal di Indonesia yang bisa sangat dikembangkan di creator economy,” jelasnya.

Hal itulah yang membuat Mantappu Corp. pada ulang tahun keduanya ini memperkenalkan tiga start up baru yang menjadi bagian dari bisnis mereka. Ketiga start up tersebut berasal dari bidang industri yang berbeda seperti Konnijiwa Agency & Tallent Management yang merupakan partner resmi Tiktok untuk Multi-Channel Network (MCN), Glxssy Beaute yang merupakan produk kecantikan lokal, dan Belinsky Studio dengan layanan studio dan produksi iklan berupa TVC dan Live streaming.

Ketiga bisnis baru itu disebut dipengaruhi oleh ekonomi kreator. “Keistimewaan dari semua subdivisi adalah bahwa mereka bisnis yang sangat dipengaruhi oleh eksistensi ekonomi kreator, meskipun mereka beroperasi di industri yang berbeda,” ungkap Jehian.

Kejutan

Selain memperkenalkan 3 start up barunya, Mantappu Corp. juga mengumumkan peluncuran single debut “The Way It Is” karya Lukas Will yang juga penyanyi dari perusahaan tersebut. “Untuk aku ini adalah pengalaman yang baru karena ini adalah hobi aku. Instead of doing it for work, aku lebih ngerasa bisa mengekspresikan perasaanku dan bisa have fun aja bareng sahabat-sahabatku,” ungkap Lukas.

Single debutnya ini dikerjakan bersama beberapa produser musik seperti HNATA, Heiakim, dan Gerald. Sejak rilis pada awal Agustus lalu, lagu tersebut telah diputar lebih dari 30 ribu kali di berbagai platform musik. Lukas selaku sang penyanyi berharap dengan adanya lagu ini dirinya dapat lebih berkembang terutama di dunia musik. Kejutan lainnya adalah pengumuman kreator baru. Melalui Konnijiwa Agency & Talent Management, terdapat lebih dari 20 kreator baru bergabung bersama start up di bawah naungan Mantappu Corp. itu.

Peluncuran Talent Metahuman Pria di Ultah Mantappu Corp. Ke-2. Foto: Arsip Mantappu Corp.

Kejutan terakhir yang menjadi salah satu puncak acara ulang tahun Mantappu Corp. adalah dengan diumumkannya talent baru berbasis Artificial Intelligence (AI). Talent yang diberi nama HINT ini merupakan pria pertama berbasis AI yang ada di Indonesia. HINT merupakan hasil kolaborasi Mantappu Corp. dengan Genexyz yang merupakan perusahaan yang menciptakan metahuman. 

Dalam menciptakan konten, HINT menggunakan media sosial dengan bentuk metahuman dan kerap melakukan kolaborasi dengan para kreator. Munculnya HINT ini diharapkan menjadi terobosan baru bagi industri kreator di Indonesia. “Kita mau HINT menjadi talent Mantappu Corp. karena ini merupakan hal yang belum banyak dieksplorasi oleh talent management lainnya dan Mantappu Corp. ingin menjadi salah satu pelopor,” ungkap Jehian. 

Akhir acara perayaan ulang tahun Mantappu Corp. ditutup dengan potong pita yang merupakan simbol dari peresmian kantor baru. Jehian mengaku dirinya bangga dapat menyaksikan perjalanan perusahaannya dari yang memiliki talent tiga orang hingga memiliki kantor sendiri. Ia berharap Mantappu Corp. dapat menjadi tempat untuk berkarya. “Harapannya, setiap individu yang berada dalam ekosistem Mantapppu Corp. dapat berbagi semangat yang sama untuk mengembangkan tempat mereka dalam berkarya,” tutup Jehian.

Penulis dan Fotografer:
Alethea Pricila, mahasiswa Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang